Melawi  

Cek Titik Hotspot, Polsek Sokan Melawi Berikan Imbauan Supaya Warga Tak Bakar Lahan

Polsek Sokan Melawi Berikan Imbauan Supaya Warga Tak Bakar Lahan.[HO-Polres Melawi]

Melawi (Suara Kalbar)- Tanggap dan sigap dalam mengatasi ancaman kebakaran hutan dan lahan, personil Polsek Sokan segera bergerak setelah menerima laporan mengenai titik hotspot kebakaran yang terdeteksi di Desa Telaga Raya, Kecamatan Sokan. Upaya ini dilakukan sebagai langkah awal untuk memeriksa dan mengevaluasi titik koordinat yang dicurigai sebagai daerah potensial kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i melalui Kapolsek Sokan Ipda Suyono menjelaskan bahwa personel Polsek Sokan langsung bergerak melakukan pengecekan begitu menerima informasi tentang adanya titik hotspot yang mencurigakan. Hal ini merupakan langkah proaktif dalam meminimalisir potensi meluasnya kebakaran hutan dan lahan. Kecepatan dalam menanggapi informasi ini memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan serta melindungi aset alam dan masyarakat setempat.

“Dengan dilakukannya pengecekan informasi yang didapat diharapkan personil Polsek Sokan dapat segera mengetahui luas lahan yang terbakar serta dapat segera dilakukan upaya pemadaman sehingga kebakaran tidak meluas,” ujar Ipda Suyono.

Kapolsek Sokan juga menambahkan, setelah dilakukan pengecekan oleh petugas di titik hotspot tersebut, ternyata lahan yang terbakar telah padam sehingga hanya tersisa asap bekas kebakaran kemudian personil Polsek Sokan segera melakukan olah TKP dengan mencari tempat yang menjadi sumber api serta mencari pemilik lahan yang terbakar tersebut tetapi petugas tidak dapat menemukan pemiliknya.

“Kami dari Kepolisian mengimbau agar masyarakat tidak membakar hutan dan lahan, apabila masih ada masyarakat yang membuka lahannya dengan cara membakar maka pihak Kepolisian akan menindak tegas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku,” ucapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS