Sport  

Ronaldo Kembali Tolak Tawaran, Enggan Berlaga di Eropa Lagi

Suara Kalbar– Cristiano Ronaldo, sang Kapten tim nasional Portugal, dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak akan kembali bermain sepak bola klub di Eropa. Beliau menyampaikan bahwa Liga Arab Saudi memiliki kualitas yang lebih unggul daripada Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, tempat rivalnya, Lionel Messi, memilih untuk memulai babak baru dalam karier sepak bolanya.

Pemain bintang yang sebelumnya bermain untuk Manchester United ini bergabung dengan tim Al Nassr pada bulan Desember dengan kontrak berdurasi 2,5 tahun. Ronaldo percaya bahwa langkahnya menjadi bagian dari klub di Liga Arab Saudi membuka peluang bagi pemain-pemain top lainnya untuk ikut merasakan atmosfer sepak bola di negara gurun ini. Menurutnya, banyak lagi pemain terkemuka yang akan memilih untuk beralih ke sana.

Kapten Portugal berusia 38 tahun itu, berbicara setelah Al Nassr kalah telak dari Celta Vigo dengan skor 5-0 dalam pertandingan persahabatan pramusim pada Senin (17/7). Ia meyebutkan sebagian besar liga Eropa mengalami penurunan.

“Saya 100% yakin saya tidak akan kembali (bermain) di klub Eropa mana pun. Saya berusia 38 tahun,” kata dia seperti dikutip ESPN.

“Sepak bola Eropa telah kehilangan banyak kualitas. Satu-satunya yang valid dan masih bagus adalah Liga Premier (Inggris). Mereka jauh di depan semua liga lainnya.”

Rival lama Ronaldo, Messi, juga dikaitkan dengan kepindahan ke Arab Saudi sebelum sang pemenang Piala Dunia Argentina ini menyelesaikan transfernya ke Inter Miami di liga MLS, dengan menandatangani kontrak hingga 2025.

“Liga Saudi lebih baik dari MLS,” kata Ronaldo.

“Sekarang semua pemain datang ke sini… Dalam satu tahun, lebih banyak pemain top akan datang ke Arab Saudi,” tukasnya.

Beberapa pemain terkenal mengikuti Ronaldo ke liga Saudi, termasuk pemenang Ballon d’Or Karim Benzema dari Real Madrid dan N’Golo Kante dari Chelsea, yang keduanya bergabung dengan sang juara Al-Ittihad.