Mochi Sukabumi Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Takbenda Nasional

Mochi Sukabumi

Suara Kalbar – Mochi Sukabumi kini telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Nasional dengan domain Kemahiran dan Kerajinan Tradisional.

Sebelumnya Yayasan Dapuran Kipahare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menjadi pihak yang mengusulkan Mochi menjadi WBTB nasional.

Pada 30 September 2022, Mochi Sukabumi berhasil menjadi Warisan Budaya Takbenda Nasional Indonesia.“Hasilnya (Moci Sukabumi) lolos menjadi WBTB nasional,” kata Irman.

Selanjutnya, Irman mengungkap jika Mochi akan lebih disosialisasikan lagi kepada masyarakat agar bisa menjadi keterampilan masyarakat umum serta mengangkat tradisi Mochi yang sudah hilang seperti dijadikan seserahan acara pernikahan karena sifatnya yang lengket bisa menjadi simbol lengketnya rumah tangga.

“Mensosialisasikan (Moci) ke masyarakat, kemudian mengangkat tradisi Moci yang sudah hilang seperti menggunakan Moci sebagai seserahan karena lengketnya Moci dianggap sebagai simbol lengketnya rumah tangga,” ungkap Irman.

Pengamat sejarah ini juga ingin mendorong pemerintah kota Sukabumi beserta jajarannya untuk konsisten mengangkat Moci dengan memberikan suguhan kepada setiap tamu dengan mochi.

Selanjutnya, Irman menambahkan setelah ditetapkan menjadi WBTB Nasional, Mochi Sukabumi akan diusulkan untuk bisa menjadi Warisan Budaya Takbenda Dunia (UNESCO).

“Sesudah proses WBTB Nasional kita juga akan dorong Moci sebagai WBTB Dunia (UNESCO) agar diakui secara internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, mengutip dari laman Kemdikbud, sidang penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Tahun 2022 sendiri dilaksanakan hybrid pada 27 September sampai 1 Oktober 2022 di Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 34 dinas provinsi beserta kabupaten/kota yang membidangi kebudayaan di seluruh Indonesia. Pada sidang tahun 2022 ini ada 200 usulan Warisan Budaya Takbenda dan Mochi Sukabumi menjadi salah satunya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS