BMKG Maritim Pontianak Imbau Waspada Gelombang Tinggi Terjadi di Kalbar

Prakirawati BMKG Maritim tengah melakukan pengecekan suhu air Kamis (20/7/2023) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/ Septa.

Pontianak (Suara Kalbar) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Pontianak memperkirakan potensi angin kencang hingga 30 knots di Natuna Utara, Laut Natuna dan Perairan Kendawangan diperkirakan akan terjadi pola angin yang bertiup di atas wilayah perairan Kalimantan Barat menimbukan gelombang sedang hingga tinggi di sejumlah perairan Kalbar.

“Gelombang sedang hingga tinggi akan terjadi dalam kurun waktu tanggal 20 Juli sampai 22 Juli mendatang. Tinggi gelombang tersebut terjadi mulai 20 Juli 19.00 WIB dan diperkirakan berakhir 22 Juli pukul 19.00 WIB,” ujar Mara Sahran Hasibuan Prakirawan BMKG Maritim, Kamis (20/7/2023).

Dia menjelaskan gelombang tersebut diperkirakan akan terjadi pada 20 sampai 22 Juli mendatang dan terjadi pada malam hari,” ujar katanya.

Gelombang tinggi berkisar 1,2 meter hingga 4 meter yang masuk dalam kategori sedang hingga tinggi yang akan terjadi di wilayah perairan Singkawang, Aambas perairan Pontianak Mempawah perairan Ketapang ,perairan Kendawangan dan perairan Kepulauan Karimata.

“Sedangkan untuk wilayah lainya masuk kategori gelombang sedang,” jelasnya.
Adanya potensi gelombang tinggi nelayan pun dihimbau untuk waspada saat melaut, terlebih jika kondisi gelombang tinggi dan angin kencang agar tidak membahayakan diri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS