Sambas  

Wakil Ketua I DPRD Sambas Dorong Kemitraan BPD dengan Komponen Desa dan Luar Desa

BPD Perkuat Kemitraan Bangun Desa.[HO-Pemkab Sambas]

Sambas (Suara Kalbar) – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan, meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Sambas mampu memperkuat kemitraan dengan semua komponen baik di dalam maupun di luar desa. Hal tersebut ditegaskan saat bertemu dengan anggota BPD Kabupaten Sambas dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa yang melibatkan para BPD se-Kabupaten Sambas di Harris Hotel Pontianak pada Sabtu malam (3/5/2023).

“BPD dapat memperkuat kemitraan dengan lembaga pendidikan, LSM, maupun komunitas lainnya yang dapat membantu mendorong BPD untuk lebih inovatif, berkarya, dan berkreasi dalam memajukan pembangunan di desa. Yang terpenting juga adalah membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pihak pemerintahan desa sehingga terjalin keharmonisan dalam membangun desa,” papar Ferdinan, dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Senin(5/6/2023).

Selain itu, legislator dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sambas ini menambahkan pentingnya anggota BPD selalu memperbarui informasi dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan mengikuti bimbingan teknis ini, kita berharap para anggota BPD semakin memahami cara mengoptimalkan dan memaksimalkan tugas, fungsi, dan tanggung jawab sebagai BPD,” pesan Ferdinan.

Wakil Ketua I DPRD juga menekankan pentingnya responsifitas, transparansi, dan efisiensi dalam menindaklanjuti laporan masyarakat. Menurutnya, peningkatan kapasitas BPD dan aparatur pemerintahan desa merupakan langkah penting dalam membangun desa yang maju dan sejahtera.

“Untuk mewujudkan desa yang maju, tentunya para aparaturnya harus memiliki pola pikir, perilaku, etos, dan budaya kerja yang juga maju. Oleh karena itu, bimtek peningkatan kapasitas ini menjadi sangat strategis dalam mewujudkan hal tersebut,” ingat Ferdinan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Pemkab SambasEditor: Diko Eno