Kalbar Tampilkan Produk Unggulan di Indonesia Maju Expo 2023, Ini Kata Wagub Ria Norsan

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan saat menghadiri Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (1/6/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Adpim Kalbar

Jakarta (Suara Kalbar) – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Ria Norsan menghadiri Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dimulai dari 1-4 Juni 2023 ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan daerah.

Ria Norsan mengungkapkan Indonesia Maju Expo and Forum ini diharapkan dapat membangkitkan produk-produk UMKM unggulan di setiap daerah pasca Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

“Indonesia Maju Expo dan Forum ini akan mendorong iklim perekonomian lokal yang berorientasi kepada ekspor produk ke luar negeri dan membangkitkan UMKM di daerah dengan produk unggulannya,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga menjadi momentum mengajak masyarakat menggunakan produk dalam negeri yang mana kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri,” ungkap Wagub Kalbar.

Tak hanya itu saja, menurut Wagub Kalbar dengan meningkatnya produk-produk UMKM dapat membantu perekonomian Indonesia menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, sehingga menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah, khususnya di Kalbar.

Terlebih Kalbar memiliki produk unggulan  yang memiliki nilai yang cukup tinggi bagi para UMKM yang ada di Kalbar.

Semisal madu kelulut, madu mangrove, pisang salai, tas kulit kepuak, tenun ikat cintamani, tikar senggang, bakul bemban batu, patung kayu ulin, kain songket sambas dan produk lainnya.

“Besar harapan para pegiat UMKM untuk terus bisa menghasilkan produk unggulannya dan terkenal di nasional dan intenasional sehingga bisa mandiri, serta sejahtera,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI, Aang Witarsa Rofik, menjelaskan tujuan penyelenggaraan Indonesia Maju Expo and Forum tahun 2023.

Yaitu untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri yang dihadirkan pelaku UMKM melalui skema Bangga, Cinta dan Pakai Produk Indonesia.

“Kegiatan ini untuk mewujudkan kedaulatan secara politik, kemandirian ekonomi dan bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan,” ungkap Aang Witarsa Rofik.

Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023 di ikuti sebanyak 118 peserta pameran dan 1.000 undangan yang terdiri dari perwakilan BUMN, BUMD, Kementerian/Lembaga Pusat, Pemerintah Daerah, dan Para Pegiat UMKM serta Industri Startegis Nasional dan Daerah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS