Dukung Pariwisata, Gawe Dayak Naik Dango Diharapkan Lebih Meriah di Singkawang

Rapat Koordinasi Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang ke-23.[HO-MC Singkawang]

Singkawang (Suara Kalbar)– Pj Wali Kota Singkawang berharap kegiatan Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang ke-23 dapat dikemas lebih menarik dan meriah dari tahun sebelumnya. Dengen tujuan agar dapat menarik kehadirian tamu dari luar daerah maupun mancanegara.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota usai mendengar paparan dari Panitia Gawe Dayak Naik Dango di ruang rapat Wali Kota, Senin (22/5/2023).

“Saya menaruh harapan agar event Gawe Dayak tahun ini bisa dikemas lebih menarik dari tahun sebelumnya,” harap Pj Wali Kota Sumastro, dalam keterangan tertulis diterima Suarakalbar.co.id, Kamis(25/5/2023).

“Ini supaya bisa menarik kehadiran tamu dari luar daerah maupun mancanegara,” tambahnya.

Menurutnya, untuk mendukung Pariwisata di Kota Singkawang, sangat perlu diadakan banyak event-event secara kontinyu, sehingga membuat para wisatawan memiliki alasan untuk berkunjung ke Singkawang.

“Untuk mendukung pariwisata di Singkawang, kita harus punya banyak event yang diadakan secara kontinyu, sehingga membuat para wisatawan memiliki alasan untuk berkunjung ke Singkawang,” ujarnya.

Dengan demikian dapat meningkatkan nilai transaksi, baik itu penginapan, kuliner, UMKM, bahkan sampai menyentuh sektor bisnis transportasi seperti rental mobil dan jasa travel.

Sumastro juga meminta kepada Dinas Pariwisata untuk mendata event yang akan di selenggarakan, serta melihat pengaruh dari event tersebut terhadap kunjungan wisatawan ke Singkawang.

“Saya sudah memerintahkan kepada Dinas Pariwisata untuk mendata event yang akan di selenggarakan. Juga melihat seberapa besar pengaruh event itu terhadap kunjungan wisatawan ke Singkawang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gawai Dayak Naik Dango, Grego Bambang menjelaskan sejumlah persiapan yang telah dilakukan oleh pihaknya hingga H-6, yang kini telah mencapai 50%. Seperti pemasangan tenda VIP, Stand Pameran dan kesiapan lainnya.

“Di H-6 ini, persiapan kami sudah mencapai 50%, seperti pemasangan tenda VIP, Stand Pameran dan kesiapan lainnya,” ujarnya.

Terkait dukungan terhadap toleransi di Kota Singkawang, pihaknya sangat terbuka jika ada ormas pemuda di luar Dayak atau ormas muslim dan umat agama lainnya yang ingin ikut terlibat dalam mensukseskan acara gawai Dayak tersebut.

Menurutnya, keterlibatan mereka dalam menjaga ketertiban dan kedamaian pada saat berlangsung nya kegiatan Gawe Dayak, dapat memperkuat toleransi antar suku, budaya, dan agama di Kota Singkawang.

“Kami sangat terbuka, jika ada ormas pemuda non Dayak dan juga ormas muslim atau umat beragama lainnya yang ingin ikut terlibat dalam mensukseskan Gawai Dayak ini,” katanya.

“Karena keterlibatan mereka dalam menjaga ketertiban dan kedamaian pada saat acara, bisa memperkuat toleransi antar suku, budaya, dan agama di Singkawang,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS