102 Jamaah Calon Haji Kabupaten Sanggau Siap Berangkat

Rakor tentang penyelenggaraan Haji di Kemenag Sanggau. SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah

Sanggau (Suara Kalbar) –Sebanyak 102 jamah calon Haji Kabupaten Sanggau siap diberangkatkan melalui embarkasi Batam menuju tanah suci Mekah dengan kloter 30 bersama Kabupaten Kayong Utara, Sekadau dan Kapuas Hulu.

“Pada hari ini kami bersama Pemerintah Daerah mengundang dinas terkait dalam rangka pembahasan persiapan keberangkatan jamaah calon Haji Kabupaten Sanggau oleh masing-masing instansi mulai dari yang menagani Kesehatan, Imigrasi, Kepolisian, Pol PP dan Perhubungan agar pada saat keberangkatan semua telah siap,”kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Sanggau Anuar Akhmad, Kamis (25/05/2023).

Anuar juga menyampaikan untuk kesiapan jamaah telah dilaksanakan manasik baik itu yang dilaksanakan oleh Kemenag maupun Pemkab Sanggau.

“Untuk Jamaah Kabupaten Sanggau sesuai kuota ada 102 orang dengan cadangan lansia 5 orang dan ditambah 3 orang cadangan umum yang telah melunasi Biaya penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH). Jadi jika cadangan 8 orang diberangkatkan maka total Jamaah kita menjadi 110 orang ditamba 1 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) menjadi 111,”ujar Anuar.

Untuk kelengkapan lanjut Anuar, berupa buku panduan manasik, tas (tas besar, tas tenteng dan tas kalung), telah diserahkan kepada para jamaah yang akan berangkat.

“Untuk kesiapan fisik Jamaah telah dilakukan pemeriksaan dua tahap dan semua jamah calon haji kita layak atau dalam bahasa hajinya Istitha’ah yang bisa melaksanakan pada musim haji tahun 1444 H atau 2023 M,”katanya.

Selanjutnya untuk keberangkatan pada tanggal 17 Juni 2023 semua jamaah telah berada di Kota Sanggau dan 18 Juni 2023 pagi akan dilaksanakan pelepasan secara resmi oleh Bupati Sanggau di halaman kantor Bupati Sanggau untuk menuju ke Pontianak.

“Di Pontianak jamaah menginap satu hari di salah satu hotel dan 19 Juni 2023 pada flight pertama akan diterbangkan menuju embarkasi Batam selanjutnya pada 20 Juni 2023 akan menuju Arab saudi atau Jeddah. Mudah-mudahan semua jamaah calon Haji dalam keadaan kondisi sehat walafiat selama menunggu masa pemberangkatan,”ungkap Anuar.

Jamaah calon Haji dalam perjalanan pelaksanaan ibadah Haji hingga tiba kembali ke tanah air lebih kurang 43 hari.
“Jamaah akan take off dari Madinah pada Tanggal 31 Juli 2023 hingga 1 Agustus 2023 mendarat di Batam dan 2 Agustus 2023 mendarat di Supadio Pontianak selanjutnya kita angkut untuk kembali ke Kota Sanggau,”tutup Anuar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS