Sosialisasi Pendidikan Politik, Mengajak Pemilih Pemula Berpartisipasi dalam Pemilu di Sekadau

Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik Masyarakat, Kesbangpol Berikan Pengarahan Kepada Pemilih Pemula.[HO-Pemkab Sekadau]

Sekadau (Suara Kalbar) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Pendidikan Politik Masyarakat yang dilaksanakan di Aula Balai Betomu Kantor Camat Nanaga Mahap, Kabupaten Sekadau, Selasa (11/4/2023).

Kegiatan pendidikan politik ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada para pemilih pemula, khususnya siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Atas, tentang langkah-langkah dalam pemilihan umum di Kabupaten Sekadau, yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sekadau, Purkismawati menjelaskan bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan pemilu serentak pada tanggal 14 Februari serta pemilihan kepala daerah sekabupaten/kota pada tanggal 27 November tahun 2024.

“Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi kepada adik-adik sebagai pemilih pemula yang pada tahun 2024 sudah dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih di hari pesta demokrasi atau pemilu nantinya pada usia 17 tahun,” jelas dia.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, siswa-siswi sebagai pemilih pemula dapat lebih memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pemilu dan dapat ikut serta dalam mensukseskan pemilu yang akan dilaksanakan nanti.

Sementara itu, perwakilan Camat Nanga Mahap, Kasi APD Kecamatan Nanga Mahap, Fransiskus Alon mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi pendidikan politik bukan hal yang baru bagi banyak orang, namun sosialisasi ini khusus mengundang siswa-siswi sebagai pemilih pemula yang baru akan berusia 17 tahun.

“Oleh karena itu, saya berharap siswa-siswi dapat benar-benar mendengarkan arahan dari para narasumber sehingga hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dan disampaikan kepada rekan-rekan sebagai pemilih pemula lainnya,” ujar dia.

Berdasarkan daftar sementara, terdapat 97 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 Desa yang ada di Kecamatan Nanga Mahap. Dari jumlah tersebut, data pemilih laki-laki berjumlah 10.852 orang dan pemilih perempuan berjumlah 9.694 orang, dengan total keseluruhan sebanyak 20.546 orang.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 19 siswa-siswi yang berasal dari SMA Negeri 1 Kecamatan Nanga Mahap serta 1 orang guru pendamping.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas Kominfo Sekadau, Matius Jon, Komisioner KPU Sekadau, Marikun, Komisioner Bawaslu Sekadau, Al Aminuddin, dan Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Sekadau, Hermanto.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS