Sintang Siap Gelar Pawai Budaya Pelajar Multi Etnis

Pemkab Sintang melaksanakan rapat persiapan untuk memeriahkan peringatan HUT ke 661 Kota Sintang. SUARAKALBAR.CO.ID/Ho-Prokopim

Sintang (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat saat ini sedang mempersiapkan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-661 Kota Sintang pada Mei 2023, salah satunya yaitu pawai budaya pelajar multi etnis hingga karnaval budaya etnik nusantara.

“Selain pawai dan karnaval budaya, kami juga akan menggelar seminar budaya hasil kajian koleksi museum Kapuas Raya Sintang,” kata Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Sintang Syarief Yasser Arafat di Sintang, Jumat (28/4/2023) melansir dari ANTARA.

Disampaikan Arafat, pawai budaya pelajar multi etnis, karnaval budaya etnik nusantara serta seminar budaya hasil kajian koleksi musem dilaksanakan sebagai upaya dalam pelestarian budaya serta untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinekaan.

Menurut dia, untuk sementara sudah ada 12 kegiatan yang dipersiapkan dalam rangka memeriahkan HUT ke 661 Kota Sintang yang akan dilaksanakan pada Mei 2023 mendatang.

Meskipun demikian, Pemkab Sintang masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan untuk memeriahkan HUT Kota Sintang, sehingga 12 kegiatan yang direncanakan tersebut masih bersifat sementara.

“Kemungkinan akan masih ada tambahan rangkaian kegiatan, kami membuka diri bagi masyarakat atau pun lembaga yang ingin melaksanakan kegiatan memeriahkan HUT Sintang, yang sudah tercatat saat ini sementara 12 kegiatan,” jelasnya.

Disebutkan Arafat, 12 kegiatan yang saat ini telah direncanakan yaitu Seminar Hari Jadi Kota Sintang dan Seminar Budaya Hasil Kajian Koleksi Museum Kapuas Raya Sintang, di Rumah Betang Kobus, Yayasan Bakti Suci, Gedung Pancasila dan Rumah Adat Melayu, pada 4 hingga 9 Mei 2023.

Ziarah Ke Makam Raja-Raja di Sungai Durian pukul 07.00 WIB, Selasa, 9 Mei 2023, Umpan Benua pukul 10.00 WIB, di depan Istana Kesultanan Sintang pada Selasa, 9 Mei 2023, Karnaval Budaya Etnik Nusantara Kendaraan Hias yang akan diikuti semua Organisasi Perangkat Daerah,BUMN, BUMD, Instansi Vertikal dan Ormas pukul 15.00 WIB dengan rute jalan dalam kota Sintang pada Selasa, 9 Mei 2023.

Kemudian akan ada junjung tamu bersama 13 Sultan yang hadir pukul 19.00 WIB, di Rumah Dinas Bupati Sintang pada Selasa, 9 Mei 2023.

Selain itu, upacara puncak HUT Ke 661 Kota Sintang pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 07.00 WIB di Halaman Kantor Bupati Sintang. Peserta menggunakan pakaian adat nusantara.

Penobatan Pangeran Raden Barry Danu Perdana Sebagai Sultan Sintang pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 09.00 WIB di Istana Kesultanan Sintang.

Saprahan Agung dan Saprahan Anak Negeri pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 11.00 WIB di Istana Kesultanan Sintang.

Setelah itu ada juga pawai budaya pelajar multi etnik pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 15.00 WIB di Jalan Dalam Kota Sintang.

Senam Massal pada Jumat, 12 Mei 2023 pukul 07.00 di Lapangan Kodim Sintang. Festival Saka Tiga (waktu dan lokasi belum ditentukan) dan Lomba Sampan di Sungai Kapuas (waktu belum ditentukan).

“Kami mengajak semua pihak hingga lapisan masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan HUT Sintang, sehingga kegiatan dapat berjalan sukses dan meriah,” kata Arafat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS