Kapolres Mempawah Ungkap Potensi Kerawanan Kamtibmas saat Rakor Persiapan Idulfitri

Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono bersama Wabup Muhammad Pagi pada Rapat Koordinasi Persiapan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M di Kantor Bupati Mempawah, Jumat (14/4/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Koordinasi Persiapan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M, di Kantor Bupati Mempawah, Jumat (14/4/2023).

Rapat yang dibuka Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi ini dihadiri Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono, serta Kajari Mempawah yang diwakili Kasi Intelijen Adam Hutamansyah.

Hadir juga Sekda Mempawah Ismail dan jajaran OPD Pemkab Mempawah, para Camat se-Kabupaten Mempawah, serta Pengurus Ormas Islam di Kabupaten Mempawah.

Wakil Bupati Mempawah menyampaikan bahwa dalam rapat itu akan dibahas sejumlah permasalahan yang kerap dihadapi menjelang hari raya Idulfitri, diantaranya peningkatan permintaan kebutuhan pokok.

“Kita harus bisa menjaga stok maupun harga kebutuhan pokok jelang idulfitri di Kabupaten Mempawah jelang agar tidak terjadi kelangkaan dan gejolak harga,” ujar Muhammad Pagi memberikan penekanan.

Selain itu, Muhammad Pagi juga berharap agar pemenuhan hak-hak karyawan atau pekerja dalam bentuk Tunjangan Hari Raya (THR) dapat dilakukan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mempawah.

“Terkait kemungkinan adanya perbedaan penetapan awal Idulfitri, kita berharap jangan dipermasalahkan. Karena masing-masing memiliki dasar yang kuat. Yang terpenting tetap jaga Ukhuwah Islamiyah,” katanya.

Lebih jauh Wabup juga membahas soal berbagai aktivitas perayaan Hari Raya Idulfitri yang akan banyak dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Mempawah.

Termasuk mencegah aktivitas masyarakat terutama para remaja yang dapat mengganggu/menghambat perayaan Idulftri, serta melakukan pengecekan penerangan jalan dan fasilitas umum lainnya.

Kapolres Mempawah dalam kesempatan itu turut menyampaikan hasil Rapat Lintas Sektoral Jajaran Polda Kalbar yang akan melaksanakan Operasi Ketupat Kapuas tahun 2023 dari tanggal 18 April s.d 01 Mei 2023.

Kemudian ia juga menjelaskan mengenai Kerawanan Kamtibmas yang meliputi stabilitas harga pangan, naiknya harga kebutuhan pokok, serta meningkatnya mobilitas masyarakat merayakan idul Fitri, baik mudik dan rekreasi.

“Hal itu tentu dapat berdampak terjadinya kelangkaan BBM, antrian kendaraan di SPBU, kemacetan dan laka lantas, meningkatnya kejahatan konvensional, serta aksi teroris dengan memanfaatkan perayaan idulfitri,” ungkapnya.

Terkait sasaran giat dan objek prioritas pengamanan, dijelaskan Kapolres, diantaranya masjid dan lapangan yang menjadi lokasi/tempat salat idulfitri, SPBU, tempat wisata, puskesmas, terminal bus dan lainnya.

“Untuk Renpam Hari Raya Idulfitri, kita akan melibatkan atau bekerjasama dengan instansi terkait diantaranya Kodim 1201/Mph, DishubLH, Satpol PP, Jasa Raharja, Dinkes, BPBD, dan Subdenpom Sungai Pinyuh,” jelasnya.

Sedangkan untuk pos pengamanan Idulfitri 1444 H, dikatakan Kapolres, terdapat di dua lokasi yaitu di Pos Pol Lantas Sungai Pinyuh dan di Taman Kuliner Terminal Bus Mempawah.

AKBP Sudarsono juga berharap hasil dari rapat koordinasi ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat pada saat perayaan atau momen Hari Raya Idulfitri 1444 H.

“Kami mengharapkan stakeholder di Kabupaten Mempawah dapat bekerja sama melakukan pengawasan, pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat agar tercipta situasi yang aman, lancar, serta kondusif,” ucapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS