Kaloci Ketan, Jajanan Khas Pontianak yang Nikmat dan Cocok untuk Ngemil Bersama Keluarga

Kaloci Ketan, Jajanan Khas Pontianak.[Cookpad/@erafani_2000]

Suara Kalbar – Pontianak, kota di Kalimantan Barat, terkenal dengan beragam kuliner lezat, salah satunya adalah Kaloci Ketan. Jajanan tradisional ini bisa ditemui di beberapa sudut kota Pontianak, dan baru-baru ini, banyak orang mulai mencoba membuatnya sendiri di rumah agar bisa dinikmati bersama keluarga dan anak-anak.

Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah, Kaloci Ketan bisa dihasilkan dalam waktu 45 menit. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung ketan, air matang, garam, gula pasir, minyak goreng, kacang tanah kupas sangrai, dan gula pasir.

Berikut bahan dan cara membuatnya dilansir dari Cookpad :

Bahan-bahan
45 menit
1 porsi

150 gr tepung ketan
180 ml air matang
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdm minyak goreng
Bahan baluran kacang tanah:
150 gr kacang tanah kupas sangrai diblender halus (selera)
40 gr gula pasir diblender

Cara Membuat

1. Membuat baluran kacang tanah: Kacang tanah sangrai diblender halus, tambahkan gula pasir blender, lalu diaduk merata. Sisihkan.
2. Membuat kaloci: Campur tepung ketan bersama gula pasir dan garam. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk merata.
3. Masukkan minyak goreng aduk lagi hingga merata. Siapkan mangkuk stainless olesi dengan minyak goreng tipis-tipis, dan tuang adonan kaloci.
4. Kukus selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu angkat.
5. Siapkan loyang dan beri kacang tanah blender secukupnya, ambil sedikit kaloci dan sedikit dipipihkan diatas kacang halus dalam loyang tadi. Balik kaloci dan potong kecil sesuai selera.
6. Sambil dibalik-balik agar permukaan kaloci terlumuri oleh kacang blender tadi. Siap disajikan sebagai teman ngemil.

Kaloci Ketan siap disajikan sebagai teman ngemil bersama keluarga. Rasanya yang gurih dan kenyal dari ketan, serta kelezatan kacang tanah sebagai balurannya, membuat Kaloci Ketan menjadi jajanan yang nikmat dan cocok untuk dinikmati bersama anak-anak (kiddos). Tidak hanya enak, Kaloci Ketan juga menjadi salah satu ciri khas kuliner Pontianak yang patut dicoba untuk menikmati kelezatan kuliner lokal Indonesia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS