Warga Ceritakan Detik-detik Kepanikan saat Rumah Pengepul Pisang di Tanjung Mempawah Terbakar

Tangkapan layar saat rumah pengepul pisang Mohidin di di Jalan Abubakar RT. 006/RW. 003 Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, terbakar, Rabu (22/3/2023) siang ini. Tampak mobil milik Mohidin yang berhasil diselamatkan warga. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Sebuah rumah di Jalan Abubakar RT. 006/RW. 003 Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, nyaris ludes terbakar, Rabu (22/3/2023) siang.

Dalam insiden itu, pemilik rumah yakni Mohidin, seorang pengepul pisang, sedang tidak ada di rumah karena membawa dagangan menuju Pontianak.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Nuriyana, tetangga korban, ketika dihubungi membenarkan insiden kebakaran yang meluluhlantakkan kediaman Mohidin.

“Pak Mohidin tetangga kami. Ia sehari-hari mengepul pisang. Saat kebakaran terjadi, rumah ditinggal kosong karena ia membawa pisang ke Pontianak. Sementara istrinya berdagang rempah-rempah di Pasar Kuala Mempawah,” jelas Nuri, sapaan akrabnya.

Nuri menjelaskan, api yang melalap rumah Mohidin diketahui sekitar pukul 13.04 WIB.

Saat itu, warga semua terkejut melihat si Jago Merah sudah terlihat membesar di bagian atap rumah.

“Kami para tetangga sangat panik dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Hanya saja, sumber air sulit di sini. Jadi api cepat membesar,” ujarnya.

Yang bisa dilakukan warga selanjutnya adalah berupaya mengeluarkan 1 unit mobil Toyota Avanza warna merah yang terparkir di garasi rumah Mohidin.

“Mobil merah itu berhasil dikeluarkan warga sebelum api benar-benar melahap semua bagian rumah Pak Mohidin,” jelas Nuri lagi.

Setelah beberapa saat, Tim Damkar BPBD Mempawah tiba di lokasi untuk memadamkan, sekaligus memblokir api.

“Namun api sangat cepat membesar. Saat Tim Damkar datang, bangunan yang tersisa cuma bagian dapur,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS