Pemkab Bengkayang Sidak Pasar Pastikan Kestabilan Stok Pangan

Sidak pasar di Bengkayang (ANT)

Bengkayang (Suara Kalbar) – Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat terus melakukan pemantau melalui inspeksi mendadak (sidak) pasar untuk memastikan kestabilan stok dan harga pangan di tengah masyarakat.

“Kita dari Pemda Bengkayang juga sudah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk memastikan stok maupun harga sembako tetap aman di pasaran. Satu di antaranya sidak pasar untuk memastikan kestabilan bahan pokok tetap terjaga,” ujar Kadisperindag Kabupaten Bengkayang Yan saat dihubungi di Bengkayang, Jumat (24/3/2023) melansir dari ANTARA.

Ia menambahkan melakukan sidak rapat koordinasi baik secara internal maupun eksternal sehingga ada langkah kolaborasi dalam pengendalian harga dan memenuhi stok pangan.

“Kita juga libatkan para pihak terkait guna bersama-sama membahas berbagai langkah dan upaya untuk kestabilan harga bahan pokok. Termasuk pula menyiapkan berbagai persiapan menjaga ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan,” ucap dia

Selain itu, ia juga memastikan hal serupa juga akan terus dilakukan tak hanya selama Ramadhan, namun juga akan dilakukan hingga menjelang hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Kami akan terus aktif memantau keluar masuk bahan pokok ke wilayah Bengkayang, terutama dari wilayah perbatasan di Kecamatan Jagoi Babang. Kita juga siapkan langkah dan strategi secara internal maupun eksternal demi bersama-sama melakukan pengawasan barang kebutuhan pokok, baik dari dalam maupun luar negeri melalui wilayah perbatasan,” ucap dia.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Ketahanan Provinsi Kalimantan Barat terbaru untuk harga komoditas pangan relatif stabil dan kalau adapun kenaikan tidak terlalu signifikan.

Untuk harga pangan rata – rata di Kalimantan Barat seperti beras premium Rp14.629/kg, beras medium Rp12.629/kg, daging ayam Rp41.357/kg, telur ayam Rp30.636/kg, daging sapi Rp155.000/kg bawang merah Rp38.307, bawang putih Rp29.214/kg, minyak kemasan Rp17.500/kg, minyak curah Rp14,269/kg, cabai rawit Rp88.429/kg dan gula pasir Rp14.714/kg.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS