PBNU Sudah Menetapkan Ibadah Puasa 2023 Mulai Kamis

Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf. (SuaraJatim/Dimas Angga)

Suara Kalbar – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU telah  menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah pada Kamis (22/3/2023). Warga NU malam ini sudah diperkenankan untuk menjalan Salat Tarawih.

“Dengan ini, PBNU menyampaikan bahwa awal Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023 Masehi. Besok pagi sudah bisa berpuasa, malam ini Tarawih,” Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, melansir dari Suara.com–Jaringan Suarakalbar.co.id, Rabu(22/3/2023).

Keputusan tersebut dituangkan dalam surat Ikhbar 1 Ramadan 1444 H PBNU. Surat itu ditandatangani Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Katib Aam Ahmad Said Asrori, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf.

Sidang Isbat Pemerintah

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan ibadah puasa 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Indonesia akan dimulai pada Kamis (23/3/2023) besok.

“Besok mulai puasa, InsyaAllah,” kata Anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag Asadurrahman kepada wartawan di kantor Kemenag, Rabu (22/3/2023).

Selain itu, Salat Tarawih direncanakan akan mulai digelar sejak malam ini. Asadurrahman menjelaskan hilal sudah terlihat dua wilayah di Indonesia yakni Palu dan Mataram.

“InsyaAllah malam ini mulai tarawih. Laporan informasinya itu tadi teman dari BMKG katanya sudah diverifikasi, Palu dan Mataram itu ada laporan hilal dapat dilihat. Itu nenurut BMKG,” jelas dia.

Namun begitu, keputusan resmi 1 Ramadhan 1444 Hijriah akan ditentukan dalam Sidang Isbat yang digelar secara tertutup di Kemenag pasca Salat Maghrib malam ini. Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS