Pawai Obor Menyambut Ramadhan di Sungai Nipah, Agus: Terima Kasih Masyarakat

Ratusan warga dan anak-anak di desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Antusias mengikuti pawai obor Tradisi yang Menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan, Senin (18/3/2023) malam.[Suarakalbar.co.id/Diko Eno]

Mempawah (Suara Kalbar) – Pawai obor merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Biasanya, tradisi ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Pawai obor sendiri merupakan acara yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat, terutama oleh anak-anak dan remaja.

Di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, ratusan warga antusias mengikuti kegiatan menyemarakan bulan suci tersebut.

Kepala Desa Sungai Nipah, Agus Surapati mengatakan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dimana warganya setiap tahun menyambut bulan suci ramadhan semangat menggelar kegiatan tradisi pawai obor.

Tak hanya itu, agenda tersebut juga rangkaian dari MTQ desa yang mana memilih putra-putri terbaik desa untuk mewakili MTQ tingkat kecamatan yang ada di desa Peniti Luar.

“Kegiatan ini puncak dari kegiatan MTQ desa yang mana memilih anak-anak ini  desa Sungai Nipah untuk mewakili tingkat kecamatan. Kegiatan ini juga menyemarakan momentum  menyambut bulan suci ramadhan, makan adek-adek peserta dan warga Sungai Nipah mengadakan pawai taaruf demi mensyiarkan agama islam,”katanya, Senin (20/3/2023) malam.

Agus mengapresiasi terhadap warga yang turut memeriahkan kegiatan pawai obor ini. Ia katakan ratusan warga semangat berbondong-bondong berjalan kaki mengikuti arak-arakan pawai obor yang digelar.

“Ada ratusan yang megikutin kegiatan ini,sekitar 300-400 warga,”ucapnya.

Agus juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini. Sebab, pawai obor sendiri memiliki berbagai makna dan tujuan. Secara umum, pawai obor dianggap sebagai simbol cahaya dan kebersamaan. Cahaya dari obor yang dinyalakan melambangkan kebaikan dan kecerahan, sementara kebersamaan di dalam pawai menggambarkan rasa persatuan dan kekeluargaan yang kuat.

Kepala Desa Sungai Nipah, Agus Surapati.[Suarakalbar.co.id/Diko Eno]
“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini. sangat ramai dan wargapun bersemangat meski berjalan kaki mengikuti ara-arakan pawai obor yang kita laksanakan,”haturnya.

Selain itu, pawai obor juga dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada bulan suci Ramadhan. Dalam agama Islam, bulan suci Ramadhan memiliki makna yang sangat penting. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang penuh berkah, di mana umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan melakukan amalan kebajikan.

Agus berharap agar agenda ini menjadi agenda tahunan yang terus digaungkan. Menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat dan kebersamaan.

“Mari kita menjaga tradisi pawai obor tetap hidup, dengan tetap mengikuti protokol yang berlaku. Selamat menjalankan ibadah puasa,”pungkasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS