Bakwan Jagung ala Jamilah, Hidangan Cocok untuk Berbuka Puasa di Pontianak

Bakwan Jagung sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Foto : Istimewa

Pontianak (Suara Kalbar) – Bulan Ramadhan kuliner gorengan menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. Satu diantaranya yakni Bakwan Jagung yang bisa dibuat dirumah. Resep ini merupakan milik Jamilah, yang sudaj berjualan gorengan belasan tahun di dalam Gang. Tepatnya di Kota Pontianak.

Menurut Jamilah, makanan khas yang tidak pernah bosan untuk dinikamati saat berbuka puasa yakni makanan yang manis-manis. Serta dengan bakwan udang maupun bakwan jagung. Kali ini Jamilah ingin berbagi resep turun temurun dari keluarganya, hanya saja resepnya sama seperti bakwan jagung pada umumnya. Namun ada beberapa trik yang berbeda.

“Ya resepnya seperti biasa, seperti bakwan pada umumnya, yang berbuat beda yakni adalah, jagungnya di hancurkan menggunakan tumbukan, agar rasa manis pada jagung bisa keluar dengan bersama,” kata Jamilah saat ditemui langsung di Kota Pontianak, Rabu (29/03/2023).

Ini merupakan bahan-bahan yang dituturkan oleh Jamilah

2 buah jagung manis ukuran sedang cuci bersih serut tipis dan jagung tersebut setelah di pisahkan, tumbuk sebentar agar rasa manis dari jagung dapat keluar secara maksimal.

1 butir telur ayam segar
3 sdm tepung beras
1 buah wortel potong tipis
4 bawang merah potong tipis
4 bawang putih haluskan
2 batang daun bawang potong tipis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam sesuai selera
Minyak untuk menggoreng
Kaldu jamur atau kaldu ayam bubuk sesuai selera.

Lanjut, Jamilah menjelaskan cara pembuatan nya, yakni masukan semua bahan ke mangkok lalu aduk sampai merata. Setelah itu, panaskan minyak goreng, lalu masukkan sedikit demi sedikit adonan tersebut dengan menggunakan sendok maupun cetakan sampai semuanya habis. Setelah semua adonan habis, lalu goreng sampai berubah warna kekuningan, lalu angkat bakwan jagung siap disajikan untuk menu berbuka.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS