5 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa

Puasa Ramadhan. 5 hal yang membatalkan puasa Ramadhan [Freepik]

Suara Kalbar – Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan. Seorang muslim melakukan puasa dengan menahan diri dari segala jenis makanan, minuman, dan pemenuhan nafsu selama sekitar 14-16 jam dalam sehari.

Namun, dalam melakukan puasa terdapat beberapa hal yang dapat membatalkannya. Beberapa hal ini disebutkan dalam kitab suci Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa dan harus dihindari oleh umat muslim.

1. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman adalah sesuatu yang harus dihindari oleh seorang muslim yang sedang menjalankan puasa. Konsumsi makanan dan minuman akan membatalkan puasa, dan harus menyelesaikan puasa pada hari berikutnya.

2. Hubungan Seksual

Hubungan seksual juga dapat membatalkan puasa. Karena hubungan seksual menguras banyak energi, dan karena puasa adalah ibadah untuk menahan diri dan pengendalian diri, maka seorang muslim harus menghindari hubungan seksual saat menjalankan puasa.

3. Keluarnya Samnium ataupun Mani

Keluarnya cairan mani adalah suatu hal yang dapat membatalkan puasa. Hal ini akan mengurangi kekuatan tubuh, dan seorang muslim harus menghindari keluarnya samnium seperti halnya hubungan seksual.

4. Mengeluarkan Darah

Mengeluarkan darah yang banyak bisa membatalkan puasa. Hal ini termasuk hal-hal seperti menstruasi pada wanita, pendarahan dari luka atau operasi, dan lain-lain.

5. Makanan dan minuman yang tidak disengaja

Kadang-kadang, seseorang mungkin makan atau minum secara tidak sengaja saat sedang mempercepat aktivitas saat menjalankan puasa. Misalnya, menelan air saat seorang muslim berkumur-kumur tanpa berniat atau tidak sengaja menelan air liur. Walaupun tidak disengaja, hal ini tetap membatalkan puasa.

Oleh karena itu, penting bagi umat muslim untuk memahami dengan baik apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Dalam melakukan puasa, seorang muslim dituntut untuk memiliki kendali diri dan menghindari segala bentuk godaan yang dapat membatalkan puasanya. Kita harus selalu ingat bahwa puasa adalah kegiatan ibadah yang harus dijalankan dengan penuh kesadaran dan pengendalian diri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS