320 Relawan Kebakaran di Kubu Raya Terdaftar di Redkar Kemendagri

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyerahkan kartu peserta program jaminan sosial tenaga kerja dari BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan relawan pemadam kebakaran. (ANTARA/HO Pemkab Kubu Raya

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Sebanyak 320 relawan kebakaran di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) telah terdaftar dalam aplikasi relawan pemadam kebakaran (Redkar) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini diungkapkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya, Odang Prasetyo.

Menurut Odang Prasetyo, 320 relawan yang terdaftar dalam aplikasi Redkar Kemendagri tersebar di 20 desa dan 4 kecamatan, yaitu Sungai Raya, Sungai Ambawang, Rasau Jaya, dan Kecamatan Sungai Kakap. Seluruh anggota Redkar tersebut telah memenuhi persyaratan, termasuk usia, kecakapan, dan panggilan hati.

“320 redkar ini tersebar di 20 desa dan 4 kecamatan, diantaranya Sungai Raya, Sungai Ambawang, Rasau Jaya dan Kecamatan Sungai Kakap,” kata melansir dari ANTARA, Senin (27/3/2023).

Odang menuturkan, anggota redkar yang telah terdaftar dalam aplikasi Redkar Kemendagri itu sudah memenuhi persyaratan, diantaranya, usia, kecakapan dan panggilan hati.

“Keunggulan jika sudah masuk ke dalam aplikasi Redkar Kemendagri, tentunya akan mendapatkan berbagai fasilitas dari pemerintah daerah, seperti BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Odang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya itu menjelaskan, dengan dimasukkanya redkar ini ke dalam aplikasi Kemendagri, akan memudahkan pihaknya untuk memberikan pembinaan mereka akan mendapatkan bimbingan teknik, diklat dan lain sebagainya.

“Semua itu merupakan bagian dari pembinaan yang kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas relawan damkar yang ada di Kubu Raya,” kata Odang.

Odang menambahkan, pada tahun 2023, program ini akan terus berlanjut, yang mana pihaknya juga telah memetakan daerah-daerah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Untuk 5 kecamatan lainnya, yaitu Batu Ampar, Kubu, Terentang, Teluk Pakedai dan Kecamatan Kuala Mandor B, Insya Allah akan ada penambahan redkar yang di masukan ke dalam aplikasi Kemendagri,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS