Kalbar  

Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar Siap Bantu Petani Peroleh Pupuk Harga Terjangkau

Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar saat audiensi dengan Wagub Kalbar Ria Norsan. SUARAKALBAR.CO.ID/Ho-Adpim

Pontianak (Suara Kalbar) – Lembaga Mitra Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kalimantan Barat siap membantu petani, salah satunya memperoleh pupuk dengan harga terjangkau.

Hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar, Nasir saat audiensi dengan Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan di ruang kerjanya, belum lama ini.

Pada kunjungan tersebut Nasir menjelaskan tujuan dari berdirinya Lembaga ini adalah sebagai perpanjangan tangan dari Petani untuk disampaikan keluh kesahnya kepada Pemerintah.

“Kemudian sebaliknya, jika Pemerintah terkendala dalam menyampaikan program-program terkait dengan Pertanian, Kami juga dapat menjadi penyambung lidahnya, jadi sifatnya dua arah kerjanya dari Lembaga Mitra Gapoktan ini,” ungkap Nasir.

Sedangkan maksud dan tujuan kunjungan ini meminta dukungan dari Wakil Gubernur Kalimantan Barat agar melalui Lembaga ini dapat berkembang dan bisa membantu petani untuk lebih sejahtera serta mampu meningkatkan pendapatan para petani.

“Kami juga menginginkan adanya kerjasama dari Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat dalam memberikan pengarahan kepada para petani agar mau bertani yang menghasilkan,” ujar Nasir.

Hal ini dikarenakan sebelumnya para petani hanya menanam dan menjual hasil pertanian, sekarang ingin merubah supaya hasil pertanian dapat dijual mahal dengan cara penangkaran. Untuk itu dirinya meminta kerjasama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten / Kota dalam menyiapkan penangkarannya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Lembaga Mitra Gapoktan, Nova menjelaskan mereka siap membantu para petani agar mampu memperoleh pupuk dengan harga yang terjangkau.

“Lembaga Mitra Gapoktan Kalimantan Barat ini sudah memiliki produk sendiri diantaranya adalah pupuk padat ‘Subur Tani’ (NPK 16 16), Pupuk Cair, beserta Racun Rumput, dimana tujuan dari produk pupuk sendiri ini, dikarenakan kelangkaan pupuk dan harga yang sangat tinggi, jadi dengan adanya Pupuk ‘Subur Tani’ akan membantu petani lebih mudah mendapatkan pupuk dengan harga yang terjangkau dan ramah lingkungan agar dapat mengembalikan unsur hara tanah pertanian yang sudah terkontaminasi dengan pupuk kimia,” pungkasnya.

Setelah menerima kunjungan dari Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar, Wakil Gubernur Kalimantan Barat akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat dan beberapa Instansi lain terkait maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut, terutama dalam hal melakukan pengujian terhadap produk yang telah di produksi oleh Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar.

Disela-sela kunjungan tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Barat juga menerima pupuk padat “Subur Tani” ( NPK 16 16) hasil produksi sendiri dari Lembaga Mitra Gapoktan Kalbar yang ramah lingkungan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS