Golden Eagle dan Red Rose Jongkat Terpilih Jadi Regu Berprestasi Tinggi LT III Kwarcab Mempawah

Para regu berprestasi tinggi, baik dan cukup pada Lomba Tingkat (LT) III Kwarcab Mempawah yang dihelat di SMAN 1 Toho, 9-11 Februari 2023. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Istimewa

Mempawah (Suara Kalbar) – Golden Eagle dan Red Rose utusan Kwartir Ranting (Kwarran) Jongkat, Kecamatan Jongkat, menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Kabupaten Mempawah.

Pada keikutsertaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang III (LT III) yang digelar Kwartir Cabang Mempawah, di SMAN 1 Toho, 9-11 Februari 2023, keduanya berhasil meraih prestasi sebagai Regu Berprestasi Tinggi.

Secara resmi kegiatan yang memperlombakan 18 nomor ini dibuka Ketua Kwarcab Mempawah Dudung Agus Suharto, pada Kamis (9/2/2023), dan ditutup Wakil Ketua Kwarcab, AKP Gatot Poerwarno, Sabtu (11/2/2023).

Kepada SUARAKALBAR.CO.ID, Kak Dudung, sapaan akrabnya, menjelaskan sasaran yang akan dicapai dalam LT III ini adalah penentuan regu berprestasi tinggi, pemaksimalan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Selain itu peserta akan mendapatkan tambahan pengalaman keterampilan, persahabatan, penguatan disiplin, rasa tanggung jawab kepada regu dan penerapan Satya Dharma Pramuka,” ungkapnya.

Kak Dudung pun berharap pada LT III kali ini para peserta yang merupakan figur-figur terbaik di masing-masing kecamatan atau Kwarran bisa saling unjuk kemampuan, baik itu fisik, mental maupun pengetahuan.

“Tentunya dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas untuk meraih regu berprestasi tinggi dan selalu menjalin silaturahmi antar sesama peserta dalam menerapkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,“ ucapnya.

Sedangkan Kak Asep selaku dewan juri mengungkapkan ada beberapa aspek penilaian yang ada di LT III kali ini, tidak hanya menilai pada saat lomba saja akan tetapi setiap aktivitas.

Semisal keikutsertaan pada upacara pembukaan, hingga upacara penutupan yang dilakukan peserta juga tak luput dari penilaian dewan juri, terutama terkait kekompakan regu.

“Selain nilai yang mereka dapatkan pada saat lomba, ada juga beberapa aspek yang kita nilai dari mereka upacara pembukaan, persiapan lomba hingga kegiatan terakhir itu juga menjadi penilaian dewan juri,” jelasnya.

Nah, dari semua aspek penilaian pada LT III Kwarcab Mempawah tahun 2023 telah menetapkan Regu Putra Golden Eagle dan Regu Putri Red Rose meraih predikat Regu Berprestasi Tinggi pada LT III kali ini.

Dari LT III ini nantinya akan didapatkan regu berprestasi tinggi yang mewakili Kwarcab Mempawah dalam kegiatan Lomba Tingkat IV yang diselenggarakan Kwartir Daerah Kalimantan Barat pada tanggal 23-26 Februari 2023 mendatang.

Lomba Tingkat atau yang sering dikenal dengan LT ini merupakan ajang bertemunya anggota pramuka tingkat penggalang dalam bentuk perlombaan yang berjenjang dari tingkat Gugus Depan (LT I ), Ranting  (LT II), Cabang (LT III), Daerah (LT IV) sampai tingkat Nasional (LT V).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS