Bersama Cegah Karhutla, Kapolres Mempawah: Jaga Citra Mempawah di “Mata” Nasional

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah saat menghadiri Asistensi Kelompok Sadar Kamtibmas Polres Mempawah di Motel Jumbo, Desa Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh, Rabu (22/2/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Kapolres Mempawah, Polda Kalbar, AKBP Fauzan Sukmawansyah mengajak seluruh elemen masyarakat Kecamatan Sungai Pinyuh berkolaborasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu disampaikan Fauzan Sukmawansyah di hadapan para kepala desa dan para tokoh se-Kecamatan Sungai Pinyuh saat kegiatan Asistensi Kelompok Sadar Kamtibmas Polres Mempawah, di Motel Jumbo, Desa Nusapati, Rabu (22/2/2023).

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan Asistensi Kelompok Sadar Kamtibmas Polres Mempawah ini adalah “STOP Pembakaran Hutan dan Lahan”, “Lestarikan Lingkungan Alam Kita Menuju Hidup Sehat”.

“Nah, tentu kita ingin nama Kecamatan Sungai Pinyuh tetap bagus. Untuk itu jangan sampai daerah ini justru terkenal karena hal-hal yang negatif di “mata” nasional, semisal kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah menyebut karhutla yang terjadi memberikan dampak buruk yang sangat besar. Tidak hanya bagi kesehatan tetapi juga terhadap lingkungan bahkan penerbangan.

“Melalui kegiatan ini, saya mengajak para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda se-Kecamatan Sungai Pinyuh mendukung penuh pencegahan dan penanganan karhutla,” katanya.

Keberadaan Pokdar Kamtibmas, juga disebut Fauzan memiliki peran penting sebagai garda terdepan pembina masyarakat guna mewujudkan rasa aman dan tentram di tengah masyarakat, termasuk mencegah karhutla.

“Tolong sampaikan kembali hasil pertemuan kita pada hari ini kepada masyarakat lainnya, terutama berkaitan dengan imbauan agar tidak ada aktivitas membakar lahan secara sembarangan,” tegas Kapolres Mempawah.

Selain dari Kapolres Mempawah, peserta kegiatan Asistensi Pokdar Kamtibmas juga mendapatkan materi terkait karhutla dari BPBD Mempawah.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang BPJS Ketenagakerjaan dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak.

Hadir dalam kegiatan itu Kapolsek Sungai Pinyuh AKP Rismanto Ginting beserta Forkorpimcam, Kasat Bimas Polres Mempawah Iptu Imam Widiyatmoko, serta Kepala Bidang Kebakaran BPBD Mempawah Desvan.

Juga hadir perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pontianak Rahmad Hidayat, Bhabinkamtibmas, serta Anggota Koramil Sungai Pinyuh.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS