Latih Kecakapan Pramuka, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Jongkat Gelar LT-II Tahun 2023

Sebagai Ilustrasi: Foto Bersama Peserta Lomba Tingkat II(LT-II) Tahun 2023 di di Bumi Perkemahan Satria Chandradimuka, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (28/1/2023). [Suarakalbar.co.id/Diko Eno]

Mempawah (Suara Kalbar) – Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Jongkat menggelar lomba tingkat regu penggalang dua (LT-II) tahun 2023 di Bumi Perkemahan Satria Chandradimuka, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (28/1/2023) pagi.

Peserta mengikuti berbagai macam perlombaan seperti Administrasi Regu, Lomba Pidato, Sandi, Wawasan Kebangsaan, Hasta Karya, Yelyel Regu, LKBB, Menaksir dan berbagai kegiatan perlombaan lainnya.

Andalan Kwarda Kalimantan Barat,Kak Rahmad Satria menyambut baik kegiatan tersebut. Ia menilai para peserta didik yang mengikuti kegiatan sangat terjalin kekompakan dan kebersamaan.

“Kegiatan ini kompak dan mantap untuk anak-anak kecamatan Jongkat ini, sehingga kegiatannya sangat baik sekali semoga bisa merebut kembali dari kecamatan Jongkat ini bisa mewakili Kalbar pada LT 5 di tingkat Nasional Jakarta,”katanya.

Putra daerah asal Wajok Hilir yang pernah menduduki Kursi Ketua DPRD Kabupaten Mempawah selama 2 Periode ini berharap kedepannya kegiatan kepramukaan di Kabupaten Mempawah khususnya kecamatan Jongkat dapat lebih meningkatkan kekompakan untuk selalu membuat kegiatan pramuka ini.

“Harapan kita agar para pembina kemudian peserta didik bisa bersama-sama lagi bekerjasama untuk kekompakan, apalagi dari Camat Jongkat Kak Kwarannya orang aktivis Pramuka semoga kedepannya lebih baik lagi untuk Kwaran Jongkat ini khususnya dalam bidang gerakan Pramuka,”harapnya.

Kak Rahmad Satria menilai, Kwaran Jongkat sangat aktif sekali dalam kegiatan bidang kepramukaan. Sebab, beberapa kegiatan baik tingkat Provinsi maupun Nasional , Kwaran Jongkat selalu terlibat dalam kepengurusan kegiatan kepramukaan.

“Kwaran Jongkat sangat aktif sekali, kenapa?karena pak Camat nya memang orang Pramuka pernah aktif ikut kegiatan LT begitu juga untuk Kak Kwarannya dia pernah menjadi pendamping LT-5 dan ini sangat aktif sekali di kecamatan Jongkat ini,”terangnya.

Peserta lomba tingkat II (LT-II) dari berbagai Gudep di Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (28/1/2023).[Suarakalbar.co.id/Diko Eno]
Sementara itu, Ka Mabiran Jongkat, Kak Reno Prawira mengatakan kegiatan ini bertujuan melatih keterampilan dalam kecakapan Pramuka.

“Kegiatan ini setelah tahun-tahun Covid-19 kemarin baru kali ini kita laksanakan. Jadi selain mematuhi Undang-undang, tahun 2010 tentang Pramuka, dan juga untuk melatih keterampilan kecakapan pramuka khusunya Gudep-gudep ditingkat penggalang khususnya kecamatan Jongkat,”katanya.

Kak Reno Prawira melihat kegiatan kepramukaan di kecamatan Jongkat sangat aktif. Sebab, peserta yang mengikuti kegiatan bersemarak dan bersemangat mengikuti segala perlombaan yang diadakan pada LT-II tahun 2023 ini.

“Saya lihat di kecamatan jongkat ini kegiatan pramuka sangat bersemarak anak-anakpun bersemangat meskipun dukungan dari anggaran minim tetapi mereka tetap bersemangat dan mengikuti segala perlombaan yang diadakan pada LT-II ini. Bahkan pada tahun 2017 lalu, regu putra dan putri tembus sampai tingkat nasional, mudah-mudahan kedepannya kecamatan Jongkat prestasi itu dapat diulangi kembali dan semakin meningkat dimasa mendatang,”terangnya.

Ia berharap agar kedepan, kegiatan positif ini dapat selalu digelar. Bahkan dari kegiatan ini menurutnya, dapat mendidik karakter anak agar dapat lebih baik hingga menjadi calon pemimpin di masa mendatang.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat mendidik karakter anak-anak agar lebih baik bahkan menjadi calon pemimpin masa depan,”tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS