Imigrasi Entikong Gelar Pelayanan Dokumen PLB Simpatik

Petugas imigrasi Entikong berikan pelayanan pembuatan dokumen PLB di Gunjemak dan Guntembawang. SUARAKALBAR.CO.ID/ Agus Alfian.

Entikong (Suara Kalbar)- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong menggelar pelayanan PLB Simpatik di dua dusun terujung di perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Pelayanan Pas Lintas Batas (PLB) simpatik merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Bakti Imigrasi ke-73.

“Kegiatan ini merupakan wujudk kepedulian Imigrasi kelas II TPI Entikong kepada warga perbatasan. Pelayanan langsung ke Desa Suruh Tembawang Dusun Gunjemak dan Guntembawang untuk permudah masyarakat mendapatkan dokumen perjalanan ke luar negeri terutama ke Malaysia,”ujar Kepala Imigrasi kelas II TPI Entikong Samfernando, Senin(23/1/2023).

Dia mengakui jarak tempuh yang jauh serta biaya transportasi yang mahal menyebabkan warga didua dusun yang berada di ujung perbatasan Indonesia dengan Malaysia sangat terbantukan dengan pelayanan simpatik PLB itu.

“Ini adalah pelayanan simpatik perdana dilaksanakan dipedalaman perbatasan diujung NKRI di Kalimantan Barat. Warga sangat antusias kurang lebih 20 dokumen Pas Lintas Batas yang dilayani petugas Imigrasi di Dusun Gunjemak dan Guntembawang,” kata Samfernando.

Dijelaskannya Pas Lintas Batas atau PLB merupakan dokumen perjalanan yang diperuntukan bagi warga perbatasan khususya di Kecamatan Entikong dan Sekayam.

Sementara itu, Kepala Dusun Gunjemak Seselius Saking mengatakan warganya antusias mengajukan permohonan PLB itu. “Jika ke kota kecamatan Entikong untuk mengajukan dokumen baik PLB maupun paspor warga mesti mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 500 ribu dengan jarak tempuh selama 5 jam.

“Melalui pelayanan PLB simpatik jelas kami sangat terbantukan,semoga pelayanan untuk dokumen paspor juga bisa diberikan Imigrasi di dusun terujung NKRI,” kata Seselius Saking.

Disampaikan Seselius Saking, warga Dusn Gunjemak dan Guntembawang lebih banyak berinterasi ke Sarawak Malaysia,terutama didalam menjual hasil bumi. Jarak tempuh ke Malaysia kurang lebih 20 menit dengan kendaraan roda dua.“Karena itu penting dokumen PLB bagi warga disini karena rutin beraktivitas ke Malaysia,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS