Delapan Arahan Presiden Joko Widodo, Bupati Mempawah Erlina Siap Tindaklanjuti

  • Bagikan
Bupati Mempawah Erlina ketika menghadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkorpimda se-Indonesia di Sentul City International Convention Center Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina mengikuti Rakor Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia Tahun 2023 di Sentul City International Convention Center (SICC) Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

Mengusung tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”, Rakor dibuka Presiden Joko Widodo dan dihadiri para menteri dan kepala daerah seluruh Indonesia.

Di hadapan kepala daerah dan forkopimda, Presiden Joko Widodo menekankan 8 hal yang mesti menjadi perhatian dan ditindaklanjuti.

Pertama, pengendalian inflasi diiringi pemantauan langsung harga di lapangan, serta meminta kepala daerah berhati-hati menetapkan tarif, misalnya PDAM dan angkutan umum.

Kedua, menekan angka kemiskinan ekstrem sampai target 0% pada 2024.

Ketiga, fokus akan penurunan stunting.

Keempat, perhatikan investasi jangan ada (proses) perizinan sampai berbulan-bulan.

Kelima, pastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk dalam negeri.

Keenam, meminta kabupaten/kota harus mulai mendesain kotanya dengan baik, sehingga punya diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah.

Ketujuh, Joko Widodo minta jaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu 2024.

Kedelapan, menjamin kebebasan beragama, sembari menekankan agar jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi kerjasama semua pihak baik pusat maupun daerah terkait penanganan COVID-19, sehingga pertumbuhan ekonomi di tanah air tetap terjaga dan menunjukkan hasil positif.

Bupati Mempawah Erlina yang telah menyimak dengan detail arahan Joko Widodo mengaku optimis pertumbuhan ekonomi daerah khususnya Kabupaten Mempawah akan membaik dan meningkat.

“Untuk itu, kami di Pemkab Mempawah juga berkomitmen membangun sinergitas semua pihak dalam bahu membahu bekerja keras dalam melaksanakan 8 arahan Presiden RI Joko Widodo,” tegasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan