Kubu Raya Turut Tergenang Banjir, Desa Kuala Karang Paling Parah

Desa Arang Limbung Kabupaten Kubu Raya terendam banjir rob, Jumat (23/12/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/septa

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Tidak hanya Kota Pontianak sejumlah wilayah di Kabupaten Kubu Raya turut terendam banjir, seperti yang terjadi di kawasan sungai kakap dan sungai raya membuat sejumlah rumah di kawasan Desa Arang limbung tergenang banjir.

Kepala Desa Arang Limbung Hendra mengatakan jika Desa Arang Limbung turut tergenang banjir akibat hujan dengan intensitas cukup lama, terhitung ada tiga dusun di Arang Limbung yang terdampak.

“Dusun arang jaya, tanjung puri dan wonodadi ini tiga dusun yang terdampak, khususnya warga yang tinggal di pesisir sungai,” papar Hendra, Jumat (23/12/2022).

Dirinya menyebut jika ketinggian mencapai 60 sampai 70 cm namun kini sudah berangsur surut,Hendra pun meminta kepala dusun untuk bersiaga di wilayah masing- masing.

Desa Sungai Kupah turut tergenang banjir, khususnya di dusun Sejahtera yang cukup tinggi terdampak banjir, Usman Ali Ketua RT setempat mengatakan jika setiap tahun banjir terjadi di wilayahnya.

“Banjir rob ini sudah sering terjadi, sebenarnya bisa ditangani dengan adanya tanggul,” ungkap Usman Ali
Usman menjelaskan jika pihaknya pernah meminta kepada pemerintah daerah dalam pembuatan tanggul agar empat rukun tetangga yang kerap terdampak dapat sedikit terbantu.

“Setahun itu bisa 2 sampai 3 kali banjir terjadi, sehingga kami sangat berharap bantuan tanggul,” imbuhnya.
Pasang air laut yang terjadi pun cukup parah terjadi di Kecamatan Teluk Pakedai khususnya Desa Kuala Karang yang berada di pesisir sungai, menurut data kepala Desa Kuala Karang ada tiga dusun yakni Dusun Suka Maju, Mas Bangun, Swakarya melanda 310 rumah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS