15 Tahun Jadi Ketua RT, Suwandi Menang Lagi ketika Pemilihan Langsung di Mempawah

Tiga calon Ketua RT 21/RW. 07, Kelurahan Tengah, Mempawah Hilir, duduk santai saat proses perhitungan suara. Akhirnya, incumbent Suwandi (kemeja putih) kembali terpilih sebagai Ketua RT, Sabtu (10/12/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemilihan Ketua RT 21 di RW 7, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, berlangsung seru, Sabtu (10/12/2022) malam.

Dimulai sejak pukul 19.30 WIB, ratusan warga RT 21 yang terdiri atas berbagai profesi, menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Ketua RT secara langsung.

Ada tiga calon yang maju. Yakni, sang incumbent Suwandi, M. Ali Azim, dan Muliyanka.

Ketiga calon saat berlangsung pemilihan, justru terlihat santai. Mereka tampak duduk sambil bersenda gurau di kediaman tuan rumah, Ponali, yang juga Ketua IKBM Kelurahan Tengah.

Melihat ketiga jagoan justru mengumbar senyum, satu persatu warga pun makin santai menuju tempat kotak suara.

Tidak sampai sejam, 134 dari 161 warga yang punya hak suara tuntas melaksanakan pencoblosan.

Saat tiba perhitungan suara, Ponali yang juga Ketua Panitia Pemilihan Ketua RT 21, langsung menginstruksikan dilakukan pengecekan dan perhitungan surat suara.

Sorak-sorai pun terdengar. Terlebih, saat sang incumbent Suwandi dan saingannya Muliyanka mulai saling mengejar perolehan suara.

Akhirnya, Suwandi yang sudah 15 tahun menjabat sebagai Ketua RT 21 Kelurahan Tengah pun unggul kembali.

Suwandi meraih 79 suara, Muliyanka 47 suara dan M. Ali Azim 5 suara. Sementara 3 surat suara dinyatakan rusak.

Tidak ada lagi persaingan. Begitu hasil diumumkan, para calon dan masyarakat pun saling bersalaman.

“Alhamdulillah lancar. Kami telah melaksanakan pemilihan Ketua RT secara langsung untuk kali pertama. Ini adalah upaya kami untuk mengedukasi warga RT 21 agar memilih pemimpin secara demokratis, adil dan jujur,” ujarnya.

Sementara itu, Suwandi mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan warga RT 21 sehingga dirinya bisa kembali menjadi Ketua RT.

“Insya Allah, amanah ini akan saya laksanakan dengan sebaik-baiknya. Tak ada lagi persaingan. Ini adalah wujud demokrasi bersama di RT 21,” ujar dia yang disambut tepuk tangan warga.

Usman, tokoh masyarakat RT 21, turut merasa bahagia atas lancarnya proses pemilihan langsung Ketua RT.

“Sosok Suwandi memang dikenal sebagai Ketua RT pekerja keras, memiliki hubungan baik dengan banyak pihak dan selalu aktif membantu warga. Ia (Suwandi) pantas dipilih kembali menjadi Ketua RT 21,” tegasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS