Gerbang Batas Singkawang-Sambas Diresmikan

  • Bagikan
Wali Kota Singkawang bersama Bupati Sambas dan Direktur PT. Astra Internasional Tbk meresmikan Gerbang Mahligai Pesisir sebagai monumen batas Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas di Kelurahan Semelagi Kecil, Minggu (27/11/2022).SUARAKALBAR.CO.ID/dok.foto.Diskominfo Kota Singkawang.

Singkawang (Suara Kalbar)- Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Bupati Sambas meresmikan Gerbang Mahligai Pesisir sebagai monumen batas Kota Singkawang dan kabupaten Sambas di Kelurahan Semelagi Kecil, Minggu (27/11/2022).

Rangkaian kegiatan diawali dengan tarian sambutan, pemotongan pita dan penandatanganan prasasti yang kemudian dilanjutkan dengan bepapas dan penyalaan petasan semakin menambah kemeriahan peresmian gerbang megah tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan momen ini merupakan suatu kebahagian dan kebanggaan bagi Kota Singkawang. Ia mengucapkan terimakasih kepada PT. Astra Internasional yang telah memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota singkawang dalam rencana pembangunan gerbang batas Kota Mahligai Pesisir hingga dapat diresmikan.

“Hari ini puji syukur kita semua dapat meresmikan gerbang yang megah ini. Tidak lupa saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Suparno Djasmin dan seluruh jajaran PT Astra Internasional yang telah mendukung dan memberikan bantuan dalam pembangunan gerbang ini,” ucapnya.

Tjhai Chui Mie menyampaikan nama Mahligai Pesisir tersebut memiliki arti kemegahan bangunan yang terletak di tepi pesisir dengan mengambil corak melayu yang melambangkan kekhasan masyarakat yang mendiami kawasan Singkawang Utara dan Kabupaten Sambas.

“Sedikit disampaikan nama Mahligai Pesisir ini dapat diartikan sebagai bangunan yang megah, yang indah sebagai penghubung Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas. Yang mana terletak di kawasan pesisir dan coraknya juga khas melayu sesuai dengan masyarakatnya di sini dan di Kabupaten Sambas,” katanya.

Ia menambahkan gerbang Mahligai Pesisir ini merupakan peresmian gerbang pertama dari tiga gerbang batas kota yang dibangun. Yang diharapkan dapat menambah ikon menarik yang ada di Kota Singkawang, sehingga nuansa sebagai Kota Wisata dapat semakin memikat pengunjung untuk datang ke Kota Singkawang.

“Pembangunan Gerbang batas kota ini selain menjadi visi-misi kami juga menjadi tujuan untuk kesejahteraan bersama. Yang diharapkan ini bagian dari upaya menjadikan Kota Singkawang menjadi Kota Wisata. Mampu menambah tempat dan spot foto menarik yang dapat dikunjungi,” tegasnya.

Tidak lupa Ia berpesan kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Singkawang Utara untuk dapat bersama-sama merawat monumen bersejarah ini agar dapat lestari dan terjaga keindahannya.

Senada dengan apa yang disampaikan Wali Kota Singkawang, Bupati Sambas Satono mengatakan gerbang Mahligai Pesisir ini juga mengambil latar budaya masyarakat Sambas yang kental dengan budaya Kesultanan Sambas sesuai dengan desain yang ditampilkan pada gerbang tersebut.

“Gerbang ini merupakan wujud penggambaran Istana Kesultanan Sambas. Dengan mengambil latar budaya masyarakat Sambas yang kental dengan budaya Kesultanan Sambas sesuai dengan desain yang ditampilkan pada gerbang tersebut” jelasnya.

Satono juga turut mengapresiasi atas atensi dan perhatian dari PT Astra Internasional selaku penyandang dana yang telah menghadirkan sebuah gerbang yang indah sebagai batas penghubung antara Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

“Saya mewaliki masyarakat Sambas menghaturkan ribuan terimakasih atas atensi dan perhatian dari PT Astra Internasional yang telah menghadirkan sebuah gerbang yang indah dan berdiri kokoh di atas tanah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya gerbang ini dapat menjadi perekat hubungan serta penanda rumpun persaudaraan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

“Saya harap dengan adanya gerbang yang luarbiasa ini dapat menjadi perekat persatuan antara kita semua menjadi simbol kekuatan dan kebersamaan dan simbol persaudaraan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Astra Internasional Suparno Djasmin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas yang telah memberikan kesempatan untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam membangun gerbang tersebut.

“Terimakasih saya ucapkan kepada Pemerintah Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas beserta seluruh jajaran yang telah memberikan kesempatan kepada kami PT Astra untuk dapat berpartisipasi dalam momen yang indah yaitu pembangunan gerbang mahligai pesisir,” paparnya.

Suparno Djasmin memuji kerjasama dan kolaborasi yang telah dilakukan dengan sangat baik dalam membangun gerbang ini mulai dari koordinasi perencanaan, proses pembangunan sampai dengan peresmiannya.

“Bahkan ketika saya pertama kali mendengar mengenai rencana pembangunan gerbang ini saya kira ini adalah suatu hal yang sangat baik dan harus kami dukung,” ujarnya.

Ia memohon maaf apabila bantuan dan dukungan yang diberikan kurang maksimal. Ia berharap gerbang batas kota yang telah diresmikan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

“Kami segenap keluarga Astra Internasional memohon maaf apabila dukungan yang diberikan untuk pembangunan gerbang ini masih kurang maksimal, semoga gerbang yang telah diresmikan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Penulis: Diskominfo Kota SingkawangEditor: Suhendra
  • Bagikan