KPU Bengkayang Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu DPR dan DPRD

KPU Bengkayang Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu DPR dan DPRD

Bengkayang (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Bengkayang menggelar rapat koordinasi atau Rakor persiapan pelaksanaan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu anggota DPR dan DPRD bertempat di Aula Tuah Raya Jalan Guna Baru Trans Rangkang Jumat (14/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut hadir Komisioner KPU Bengkayang Musa J, Hendrikus, Heribertus dan Eka Lindawati, hadir pula anggota Bawaslu Kabupaten Bengkayang Yopi Cahyono, Kepala Kesbangpol Yakobus , perwakilan Kepala Kepolisian Resort Bengkayang diwakili Kasat Intelkam, Kodim 1202/Singkawang diwakili Koramil 01/Bengkayang, Perwakilan Pengurus Parpol, dan perwakilan dari media massa baik media cetak ,elektronik, dan media online di Bengkayang.

“Hari ini sekitar 486 hari lagi akan dilaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu legislatif tahun 2024. Untuk menyongsong pemilu tahun 2024 tersebut kata Musa, pentingnya dilaksanakan verifikasi faktual Parpol peserta pemilu tahun 2024,” ujar Ketua KPU Bengkayang Musa J.

Dia menjelaskan ada dua yang dilakukan Verifikasi faktual yaitu kepengurusan dan keanggotaannya. Dimana untuk kepengurusan parpol yang akan diverifikasi adalah keberadaan kantor, kebenaran pengurus sesuai dengan SK yang di upload di Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) serta memperhatikan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan dan kantor sudah ada, dan jika ada kepindahan harus diberitahukan kepada KPU minimal H-1 sebelum pelaksanaan verifikasi faktual.

Kemudian kata Musa, dilakukan verifikasi faktual mengenai keanggotaan parpol calon peserta Pemilu tahun 2024 yang lolos dan telah diumumkan.

“Jadwal yang telah ditetapkan untuk verifikasi tersebut diharapkan baik pengurus, keanggotaan dan keberadaan kantor harus jelas,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS