SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Daerah Mempawah Komitmen Benahi Pelayanan, RSUD dr Rubini Mempawah Gelar Forum Konsultasi Publik

Komitmen Benahi Pelayanan, RSUD dr Rubini Mempawah Gelar Forum Konsultasi Publik

Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik yang digelar manajemen RSUD dr Rubini Mempawah sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Dapur Ersa, Selasa (25/10/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rubini Mempawah melaksanakan Forum Konsultasi Publik Pelayanan Kesehatan.

Forum Konsultasi Publik (FKP) itu berlangsung di Meeting Room Dapur Ersa Jalan Raden Kusno Mempawah, Selasa (25/10/2022) pagi.

Peserta forum tidak saja datang dari para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan (ormas), tapi juga para kepala desa, lurah, dan awak media.

Direktur RSUD dr Rubini Mempawah, dr David Sianipar, yang diwakili Kabid Pelayanan dr. Riska Susanti, mengatakan, FKP merupakan salah satu upaya koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, khususnya dalam pelayanan di rumah sakit.

“Kami berharap dari FKP ini perwakilan masyarakat maupun aparatur pemerintah desa dan kelurahan dapat memberikan usulan, masukan dan saran kepada kami selaku manajemen RSUD dr Rubini dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan,” imbuh Riska Susanti.

Riska selanjutnya tak ragu untuk mengungkapkan sejumlah permasalahan di RSUD dr Rubini yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Misalnya, kualitas sarana dan prasarana yang perlu ditambah, kesesuaian produk layanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan yang telah diberikan, serta kecepatan waktu dalam pemberian pelayanan.

Beberapa hal yang cukup menarik dalam pembahasan adalah soal kehadiran dokter spesialis yang sering datang terlambat di poli rawat jalan sehingga waktu tunggu menjadi lama, petugas ruangan (perawat) yang diharapkan lebih ramah, lebih sopan dan lebih cepat tanggap dalam menerima keluhan.

Selain itu, terlontar juga masukan agar jumlah dokter spesialis perlu ditambah, serta harapan agar tim medis maupun paramedis lebih teliti dalam memberikan informasi.

Walau masih terdapat sejumlah kekurangan yang harus dibenahi, RSUD dr Rubini ternyata juga memiliki sejumlah prestasi.

Misalnya, lulus status akreditasi “Paripurna” pada tahun 2018, serta menerima penghargaan sebagai Nominator Rumah Sakit Berkomitmen Terbaik dalam Program JKN tahun 2021 Tingkat Nasional Kategori Kelas C.

Bahkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSUD dr Rubini Mempawah juga membuka ruang interaksi dengan masyarakat.

Yakni dengan menggelar Survei Kepuasan Masyarakat secara berkala, menyediakan kotak saran, menyediakan sarana komunikasi via media sosial yakni Facebook, Instagram, dan Whatsapp Pengaduan.

Selanjutnya, menyediakan layanan website, APAM Rubini, serta laporan pengaduan di Bagian Informasi dan Pengaduan di front office RSUD dr Rubini.

Dalam kesempatan itu pula, dr. Riska Susanti yang juga Ketua IDI Kabupaten Mempawah ini, memaparkan berbagai data umum rumah sakit, yang terdiri atas sumber daya manusia, jenis pelayanan, jumlah tempat tidur, layanan poli, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya.

Paparan Riska Susanti dan sejumlah manajemen RSUD dr Rubini Mempawah langsung mendapat tanggapan dan masukan dari berbagai tokoh peserta Forum Konsultasi Publik.

Intinya, apa yang disampaikan dalam forum, tidak jauh berbeda dari apa yang selama ini menjadi keluhan masyarakat.

Pun demikian, sejumlah apresiasi juga diberikan. Contohnya soal adanya layanan jemput bola RSUD dr Rubini terhadap pasien lanjut usia, kondisi rumah sakit yang terus membaik, semakin turunnya kuantitas keluhan pasien, hingga kian tingginya kepercayaan masyarakat untuk berobat ke RSUD dr Rubini Mempawah.

Diskusi dalam Forum Konsultasi Publik ini ditutup dengan penandatanganan berita acara dan foto bersama.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan