TNI AL Kobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih di Mempawah Kalbar

Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama Suharto, bersama Wabup Mempawah Muhamamd Pagi, Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah, dan para peserta Gerakan Nasional Laut Bersih 2022 di Desa Sungai Duri I, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Rabu (7/9/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Prokopim Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – TNI AL melalui Lantamal XII Pontianak melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih Tahun 2022 di pesisir pantai Desa Sungai Duri 1, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (7/9/2022) pagi.

Kegiatan tersebut secara nasional diselenggarakan TNI AL di 77 titik seluruh Indonesia dalam rangka memeriahkan hari ulang tahunnya yang ke-77 tahun 2022, 10 September mendatang.

Turut hadir, Danlantamal XII Laksamana Pertama Suharto, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, Danyon Marhanlan XII Tri Anto, dan Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah.

Selain itu, ada juga Forkorpimcam Sungai Kunyit, Kepala Desa Sungai Duri I Ana Suryana, para pelajar dan anggota pramuka serta para penggiat lingkungan setempat.

Sebelum aksi bersih-bersih dilakukan, terlebih dahulu para peserta kegiatan mendengarkan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono secara virtual.

Yudo mengatakan, sebagai negara kepulauan Indonesia dianugerahi laut dan perairan yang menyediakan berbagai macam jenis sumber daya.

“Sehingga sudah seharusnya seluruh elemen bangsa bekerja keras untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim,” tegas KSAL.

Menurutnya, samudera, teluk dan laut adalah masa depan semua, namun telah lama laut dipunggungi. Sejatinya laut harus menjadi halaman depan, sehingga perlu dijaga dengan sebaik – baiknya.

“Oleh karena itu, pada HUT TNI Angkatan Laut ini kami jadikan momentum untuk mengobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih di seluruh tanah air,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya, lanjut Yudo, pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat dan instansi terkait di 77 titik lokasi kegiatan.

“Gerakan ini akan kita laksanakan secara berkelanjutan agar dapat menjadi pemicu gelombang kesadaran seluruh bangsa Indonesia untuk mencintai laut dengan tidak mengotori tetapi menjaga,” ucapnya.

Ucapan terimakasih dan apresiasi ia sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu kelancaran Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022, serta berharap kegiatan ini dapat mewujudkan laut bersih sebagai halaman bangsa.

Sejalan dengan Yudo, Wakil Bupati Muhammad Pagi juga menegaskan pentingnya menjaga laut agar tetap bersih. Terlebih Kabupaten Mempawah sebagai daerah pesisir.

“Saya meminta seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan sungai dan laut, mengingat pemanfaatannya yang pentingnya bagi keberlangsungan hidup manusia,” ucap dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS