Sebulan Meriahkan Mempawah, Robo’-Robo’ Digeber Mengusung Kearifan Lokal

  • Bagikan
Ketua Panitia Lokal Robo’-Robo’, Mohlis Saka, Bupati Mempawah, Erlina, dan Wabup Muhammad Pagi saat doa bersama dan makan kue tradisional (tambol) mengawali rangkaian kegiatan Robo’-Robo’ di Pelabuhah Kuala, Kelurahan Pasir Wan Salim, Kecamatan Mempawah Timur, Rabu (14/9/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah Erlina dan Wakil Bupati Muhammad Pagi menghadiri doa bersama dan makan tambol (kue kampung) yang digelar Panitia Lokal Robo’-Robo’ di Pelabuhan Kuala Mempawah, Rabu (14/9/2022) pagi.

Duduk beralaskan tikar, Erlina dan Muhammad Pagi, bersama Forkorpimda, Forkopimcam dan para tokoh, serta masyarakat tampak khusyuk mendengarkan doa yang dibacakan pemuka agama setempat, Ustaz Nurul Huda.

Usai pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan makan tambol bersama secara saprahan.

Tidak tanggung-tanggung ada 2.700 aneka kue kampung yang dipersiapkan panitia.

Ketua Panitia Lokal Robo’-Robo’, Mohlis Saka, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Mempawah pada kegiatan pembacaan doa bersama jelang dibukanya rangkaian kegiatan hiburan rakyat memeriahkan Robo’-Robo’.

“Dengan doa bersama ini, kita selain memohon perlindungan kepada Allah SWT juga memohon agar rangkaian kegiatan Robo’-Robo’ dapat berjalan sukses, aman dan lancar,” ujarnya.

Mohlis mengungkapkan selama sebulan ke depan atau dari tanggal 14 September -14 Oktober 2022, ragam kegiatan sudah dipersiapkan pihaknya, termasuk kegiatan yang mengusung kearifan lokal dan kebudayaan.

Ia ingin agenda Robo’-Robo’ tidak hanya diasumsikan sebagai kegiatan pasar rakyat, tetapi ada juga kegiatan-kegiatan yang menonjolkan nilai-nilai religi dan budaya, serta adat istiadat.

Erlina mengapresiasi kepada panitia lokal yang diketuai Mohlis Saka, karena kembali melaksanakan kegiatan hiburan rakyat memeriahkan Robo’-Robo’ setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Ia juga memuji kekompakan panitia lokal yang sudah bekerja keras dengan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan Robo’-Robo’, agar dapat berjalan seperti yang menjadi harapan bersama.

Terhadap pelaksanaan agenda wisata dan budaya Robo’-Robo’, Erlina menegaskan, Pemerintah Kabupaten Mempawah pada prinsipnya mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan.

“Mudah-mudahan dengan sinergitas seluruh komponen masyarakat, puncak kegiatan Robo’-Robo’ yang dilaksanakan pada tanggal 21 September nanti dapat berjalan lancar,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan