Melawi  

Nasabah BRI di Melawi Kena Tipu Link Palsu, Rp 20 Juta Melayang

Markus

Melawi (Suara Kalbar)- Markus, seorang Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang beralamat di Dusun Belian Permai, Desa Paal, Kecamatan Nanga Pinoh menjadi korban penipuan hingga Rp 20 Juta lebih dengan modus link bank.

“Pada Minggu tanggal (19/9/2022) sekitar pukul 15.00 WIB, saya mendapatkan pesan WhatsApps (WA) yang mengatasnamakan Bank BRImo,” ujar Markus kepada suara Kalbar.co.id, Selasa (20/9/2022).

Dalam penawaran kenaikan tarif transaksi tersebut, dirinya dengan tegas menjawab tidak setuju kemudian diarahkan untuk mengisi link yang dikirim mereka (https://konfirmasi-tarif-transfer.online/version-test).

“Saya klik link tersebut dan mengarah untuk login ke aplikasi BRImo, seperti biasa untuk log in saya masukan user name dan password tanpa ada rasa curiga. Setelah itu tidak ada petunjuk lain langsung saya tutup aplikasinya,” ujar Ujang.

Tak selang berapa lama, sekitar pukul 14.10 WIB dirinya ingin menggunakan transaksi menggunakan aplikasi BRImo. Alangkah terkejutnya, setelah log in saldo dalam rekeningnya mendadak hilang.

“Saya terkejut karena saat saya cek saldo sudah berkurang Rp 20.572.282. Padahal sebelumnya saya tidak pernah lakukan transaksi,” jelasnya.

Iapun langsung bergegas ke Bank BRI Cabang Melawi untuk melaporkan dan mengecek hal tersebut. “Mereka cek (pihak bank BRI-red) ternyata ada terjadi transaksi uang keluar pada tanggal (18/9/2022) pukul 15.32 hingga (19/9/2022) pukul 01.08 WIB dengan total sebesar Rp 20.572.282,” katanya.

Dari penjelasan petugas BRI Cabang Melawi, bahwa kehilangan uang tersebut dikarenakan mengisikan link diatas tersebut, sehingga terjadi kebocoran data dan di manfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil uang dari rekening.

Atas peristiwa tersebut dirinyapun melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian resort Melawi dan berharap pelaku bisa segera terungkap.

“Saya telah membuat laporan kepolisian dengan Tanda Bukti Laporan Pengaduan Nomor : TBL/162/IX/2022/Res Melawi tertanggal 20 September/2022,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

 

 

Penulis: Dea Kusumah WardhanaEditor: Suhendra