Masyarakat Sekadau Diajak Promosi Wisata Lewat Konten Fotografi

  • Bagikan
Pembukaan Bimtek Strategi Komunikasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Penguatan Konten Fotografi. SUARAKALBAR.CO.ID/rie

Sekadau (Suara Kalbar) – Masyarakat Kabupaten Sekadau diajak untuk promosikan potensi pariwisata melalui konten fotografi. Hal itu ditegaskan Dedi Ahmad Kurnia, Kordinator Strategi Komunikasi dan Kemitraan Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam acara Bimbingan Teknis Penguatan Konten dan Fotografi di Gedung Kataketik Sekadau, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan Kemenparekraf RI dan anggota DPR RI Adrianus Asia Sidot itu diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari komunitas, UMKM dan penggiat pariwisata di Kabupaten Sekadau.

Dedi meminta masyarakat lokal agar meningkatkan kapasitas menghadapi pariwisata super premium. “Stop mengeluh, mari kita perkuat kapasitas, akrabkan diri dengan teknologi adalah sebuah keharusan,” tegas Dedi.

Dedi mengharapkan, bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk mendorong keterlibatan masyarakat lokal dalam pembagunan pariwisata. Keterlibatan masyarakat itu mesti diperkuat dalam lintas sektor seperti UMKM.

“Teknologi harus dimanfaatkan maksimal dalam pembangunan pariwisata seperti produksi konten foto dan video. Foto dan video itu punya peran strategis dalam menyebarluaskan informasi pariwisata,” ungkapnya.

Kemudian, Zonasi pariwisata Kabupaten Sekadau dan Bima harus bisa bersinergi. Pembangunan pariwisata ini harus bisa dirasakan oleh setiap daerah di Sekadau karena wilayah Sekadau sangat kaya akan potensi pariwisata.

Program-program kerakyatan bagi masyarakat bekerja sama dengan kementrian. Saat ini ia mendorong dan memfasilitasi pendanaan bagi ratusan di Kabupaten Sekadau Destinasi wisata di kabupaten lainnya di wilayah Sekadau perlu diperkuat dan dipromosikan sebagai penyangga pariwisata super premium.

“Sekadau ini sangat kaya akan tempat pariwisata, ini perlu didorong dan dipromosikan serius agar bisa dikunjungi wisatawan,” jelas Dedi.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot menilai banyak hal positif yang bisa disampaikan. Contohnya dalam upaya memperkenalkan pariwisata.

“Kita memilih konten fotografi karena foto bisa bicara banyak hal, orang bisa melihat dari berbagai sudut. Foto itu menarik atau tidak tergantung tehnik fotografi, ” kata Adrianus.

Menurut legislator Partai Golkar ini, dengan teknik fotografi yang baik, publik akan dapat mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam suatu foto sehingga meningkatkan keinginan untuk berkunjung langsung.

Dengan pemanfaatan foto sebagai media promosi, Adrianus berharap potensi pariwisata di Kabupaten Sekadau bisa terekspose lebih luas. Sehingga masyarakat akan lebih mengenal berbagai jenis pariwisata di Kabupaten Sekadau untuk mendukung kemajuan destinasi pariwisata lokal.

“Karena kita di Kalimantan Barat pariwisata itu bukan sebuah kebutuhan, hanya berwisata saat ada waktu luang contohnya ke Singkawang, pantai pasir panjang,” ujar Adrianus anggota DPR RI dari Dapil Kalbar II ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan