Kisah Wagub Ria Norsan yang Bangga atas Peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, menyambut Presiden Joko Widodo saat tiba untuk meresmikan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (9/8/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Adpim Kalbar

Mempawah (Suara Kalbar) – Presiden Joko Widodo telah meresmikan pelabuhan internasional yang berada di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (9/8/2022).

Pelabuhan yang sebelumnya bernama Pelabuhan Internasional Kijing itu diresmikan Jokowi menjadi Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak.

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengapresiasi atas peresmian yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo.

Bangga, menjadi salah satu hal yang ia rasakan saat ini, mengingat Pelabuhan Pontianak itu menjadi salah satu perjuangannya saat ia menjabat sebagai Bupati Mempawah dua periode beberapa tahun lalu.

Saat Ria Norsan menjabat sebagai Bupati, diakuinya mewujudkan pelabuhan sebesar saat ini dengan pembangunan trilyunan, merupakan hasil kerja bersama Pemerintah Kabupaten Mempawah pada saat itu, sehingga terwujud dan pada hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Tentu rasa bangga yang saya rasakan karena perjuangan yang kami lakukan akhirnya berhasil dan diresmikan Presiden tentu saya bangga. Namun saya yakin yang paling merasa bangga adalah seluruh masyarakat Mempawah,” ungkapnya.

Ria Norsan menjelaskan, selain pembangunan Terminal Kijing, di kabupaten yang saat ini dipimpin oleh Erlina itu, telah mempersiapkan kawasan ekonomi khusus (KIK) yang telah disiapkan sekitar 5.000 hektare.

“Beberapa perusahaan seperti PT Wilmar sudah berdiri di sana kemudian ada perusahaan PT Saraswanti pupuk dan Pertamina, juga PT Jarum dan Indofood akan membangun di kawasan tersebut,” jelasnya.

Terkait pembangunan jalan di sekitar Pelabuhan Pontianak, diakuinya bahwa Direktur Jalan Tol juga telah disampaikan terkait kondisi jalan menuju Terminal Kijing.

Hingga saat ini, jalan masih kecil dan harus dilebarkan, sehingga akan dipercepat pembangunannya.

“Kemarin saat kunjungan Komisi V juga telah kami sampaikan, dan alhamdulillah Direktur Jalan Tol menegaskan dalam waktu dekat akan ada pembangunan. Tidak saja di sekitar kawasan pelabuhan Pontianak, tetapi dari Pontianak menuju Singkawang. Dan saat ini tahapan pelebaran telah dilakukan,” terang Ria Norsan.

Diakuinya, selama ini dari sisi ekspor impor CPO selalu dilakukan lewat Belawan dan pelabuhan lainnya. Dengan demikian, adanya Terminal Kijing, maka Kalbar dapat langsung melakukan pengiriman secara langsung, sehingga dapat meningkatkan PAD Kalbar itu sendiri.

“Semoga Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang telah diresmikan bapak Presiden Joko Widodo dapat berfungsi sebaik-baiknya,” tutup Ria Norsan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS