Kasdim 1207 BS/Ptk Dorong LDII Perkuat Program Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air

  • Bagikan
Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto, menyerahkan cinderamata kepada Kasdim 1207 BS/PTK, Letkol Arm Moch Rofiq, saat silatilurahim di Makodim, Jumat (5/8/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Dok LDII Kalbar

Pontianak (Suara Kalbar) – Penyiapan generasi unggul yang berkarakter dan cinta tanah air mesti dipersiapkan bukan tersedia dengan sendirinya.

Hal ini dikatakan Kasdim 1207 BS/Ptk Letkol Arm Moch Rofiq tatkala menerima jajaran LDII Kalbar di Makodim, Jumat (5/8/2022).

“Saya menaruh harapan LDII bisa memperkuat program pendidikan karakter bagi generasi bangsa yang cinta tanah air.  Program yang berjalan sudah bagus, tetapi perlu diperkuat lagi,” katanya yang didampingi Pasiter Mayor Inf Purna.

Menurut dia, bangsa ini diisi oleh generasi yang berkarakter sesuai dengan jati diri bangsa.

“Menciptakan generasi pintar secara kognitif jauh lebih mudah. Tetapi menyediakan generasi yang memiliki kemampuan afektif itu tantangan bagi organisasi dakwah seperti LDII,” tegas Rofiq.

Selain itu, kemajuan teknologi informasi berdampak arus informasi tanpa batas dan jarak serta tersaji kapanpun dan dimanapun, termasuk ideologi transnasional.

“Jika generasi tidak diedukasi dan dibimbing berpeluang akan terpengaruh dengan ideologi lain yang tidak sesuai dengan ideologi negara yakni Pancasila. Ancaman ini sangat membahayakan,” tambahnya.

Dalam posisi ini, lanjut Moch Rofiq, LDII memiliki peran strategis dalam mengantisipasi ancaman  ideologi trans nasional.

“Secara institusi, kami siap untuk bekerjasama, karena tujuannya sangat mulia yakni menjaga dan mempertahankan tetap tegaknya NKRI,” katanya.

Mendapat masukan tentang hal itu, Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto mengaku bangga dan senang.

“Kami senang dan bangga mengingat tugas menjaga kedaulatan negara bukanlah tugas pemerintah dan aparat saja, melainkan kewajiban seluruh anak bangsa tanpa terkecuali,” ungkapnya.

Atas dasar itulah, LDII secara nasional menempatkan program wawasan kebangsaan menjadi prioritas kegiatan.

“Bagi LDII program kebangsaan akan menentukan berjalan tidaknya program yang lain. Dengan pengertian kalau bangsa ini aman, damai dan berdaulat maka program lain seperti ekonomi, pangan dan energi akan berjalan juga,” tegas Susanto.

Dirinya sependapat dengan arahan Kasdim 1207 BS/Ptk bahwa generasi yang berkarakter dan cinta tanah air mesti dilakukan dengan program yang berkelanjutan.

“Insya Allah, LDII berkomitmen dan istiqomah akan melanjutkan program pembinaan generasi sehingga menjadi SDM profesional dan religius dengan mencintai negara sepenuh hati,” kata Susanto.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan