Jangan Sembarangan, Ini Aturan Buang Sampah Berdasarkan Perbup Mempawah 20/2020

  • Bagikan
Bupati Mempawah, Erlina, bersama emak-emak pedagang kecil di Pasar Sebukit Rama saat ia memberikan edukasi menjaga kebersihan lingkungan, Jumat (5/8/2022) pagi. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Bupati Mempawah, Erlina, memimpin Senam Gabungan SKPD dan Gerakan Jumat Bersih yang merupakan bagian dari Gebyar Hari Kemerdekaan ke-77 RI di Pasar Mempawah, Jumat (5/8/2022).

Kegiatan senam gabungan di Waterfront Mempawah ini turut dihadiri pimpinan OPD, instansi vertikal, BUMN maupun pimpinan BUMD.

Setelah itu, Erlina melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan Taman Aulia Rubini, Pasar Mempawah, Pasar Buah dan Pasar Tradisional Sebukit Rama.

Bahkan, selokan yang ada juga disemprot oleh Tim Damkar BPBD bersama BPAM Mempawah agar saluran air lancar kembali.

Nah, saat memasuki Pasar Sebukit Rama, Erlina masih melihat ada tumpukan sampah yang dibuang warga di luar bak sampah.

Hal ini, menurut Erlina, harus segera ditertibkan. Dengan demikian, wajah Mempawah yang bersih, rapi dan indah tetap terjaga.

“Buang sampah itu jangan sembarangan. Ada aturannya dalam Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2020,” katanya.

Misalnya, tidak membuang sampah di luar bak/tempat sampah, dan ada aturan yang mengatur jam buang sampah, yakni pagi hari pukul 04.00 WIB – 08.00 WIB, dan sore hari pukul 17.00 WIB – 21.00 WIB.

Selain itu, tambah Erlina, warga juga dilarang membakar sampah dengan cara yang tidak ramah lingkungan.

Kemudian, tak kalah pentingnya, warga juga diminta tidak memindahkan sarana pembuangan sampah tanpa persetujuan instansi terkait, serta tidak melakukan pengrusakan sarana pengelolaan sampah yang telah disediakan pemerintah daerah.

Dalam kesempatan itu pula, Erlina dan rombongan memberikan edukasi kepada para pedagang kecil di Pasar Sebukit Rama untuk bersama-sama berperan aktif menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Bagikan