DWP Kemenag Mempawah Dukung Tes IVA dan Sadanis, Deteksi Dini Kanker Kewanitaan

Kepala Kemenag Mempawah, Hasib Arista. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Aspari

Mempawah (Suara Kalbar) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis.

Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengatakan, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16.335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

“Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN),” sambungnya.

Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.

Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Menurut Eny Retno, dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta diinas atau suku dinas kesehatan di berbagai provinsi dan kabupaten/kota.

Pelaksanaannya dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/kota, kampus PTKN, atau di Puskesmas setempat.

Di Jakarta, lanjut Eny Retno, program ini dipusatkan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama. Selain itu, Kanwil Kemenag DKI Jakarta juga menyelenggarakan secara tersendiri di kantornya.

“Untuk di Kantor Kemenag pusat, tercatat ada sekitar 432 peserta, terdiri dari 265 peserta dari 11 unit Eselon I Kemenag dan 167 peserta dari masyarakat umum yang mendaftar,” jelas Eny Retno.

“Ada 40 tim medis yang bertugas di auditorium HM Rasjidi dari enam Puskesmas, yaitu Menteng, Kemayoran, Johar Baru, Gambir, Tanah Abang, Sawah Besar. Kami sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Jakarta Pusat,” lanjutnya.

Giat Tes IVA dan Sadanis dibuka oleh Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut. Seremonial pembukaan berlangsung pada 10 Agustus 2022, pukul 08.00 WIB.

Dalam pembukaan itu, ikut bergabung juga secara daring DWP Kemenag Kanwil dan PTKN penyelenggara tes IVA dan Sadanis di daerah masing-masing.

“Karena masih pandemi, proses tes IVA dan Sadanis tetap menerapkan protokol kesehatan,” tandas Eny.

Sementara itu, kegiatan seremonial juga dilakukan oleh DWP Kemenag Mempawah sebelum dilakukan zoom meeting dengan DWP Kemenag Pusat.

Kepala Kemenag Mempawah, Hasib Arista, menuturkan bahwa kegiatan yang digagas ibu Menteri Agama dengan menggandeng Kementerian Kesehatan itu harus didukung karena kegiatan tersebut sangat penting.

“Hasil penelitian WHO di dunia 80 persen wanita berpotensi mengalami penyakit kanker. Penelitian ilmiah di Indonesia setiap satu menit ada satu kasus penyakit ini. Setiap dua detik ada satu wanita yang meninggal disebabkan penyakit kanker,” beber Hasib di depan para Kasi, penyelenggara, kepala madrasah, kepala KUA dan pengurus DWP Kemenag Mempawah, Rabu (10/8/2022).

Ketua DWP Kemenag Mempawah Eni Minarni Ishak menjelaskan, kegiatan ini mengusung tema Wanita Sehat, Indonesia Kuat.

“Acara seremonial DWP Kemenag Mempawah dipusatkan di MTs Negeri 1 Mempawah. Sedangkan pemeriksaan tes dilakukan di Puskesmas Mempawah Timur,” jelas Eni Minarni Ishak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS