Danyon Marhanlan XII di Mempawah Berganti, Kini Dijabat Letkol Mar Tri Anto

Danpasmar 1, Brigjen TNI (Mar) Hermanto, mengukuhkan Letkol Mar Tri Anto sebagai Komandan Yonmarhanlan XII di Markas Yonmarhanlan XII, di Mempawah, Kalimantan Barat, Senin (22/8/2022). SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Diskominfo Mpw

Mempawah (Suara Kalbar) – Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1, Brigjen TNI (Mar) Hermanto, mengukuhkan Letkol Mar Tri Anto sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII.

Prosesi pengukuhan Letkol Mar Tri Anto dilaksanakan di Markas Yonmarhanlan XII, Jalan A. Rani, Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin (22/8/2022) pagi.

Turut hadir Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, Bupati Mempawah Erlina, Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah, dan Dandim 1201/Mph Letkol Inf Daru Cahyo Alam.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal XII Suharto mengajak jajarannya untuk mengedepankan sikap adil kepada semua maupun kepada siapapun tanpa melihat golongan, ras, baik dalam kerja, maupun bersilaturahmi dengan sesama.

“Saya juga minta kepada prajurit Lantamal XII untuk selalu menjaga kedisiplinan dan terus berinovasi dalam melaksanakan berbagai tugas, serta selalu menjaga nama baik kesatuan,” tegasnya.

Danpasmar 1 Hermanto mengatakan, upacara pengukuhan tersebut dilandasi kebutuhan organisasi.

Karena telah sebulan di bawah kendali Lantamal XII, maka TNI AL kini mempercayakan posisi Danyonmarhanlan XII kepada Letkol Tri Anto.

“Pengukuhan ini penting dalam upaya meningkatkan kerja, disiplin dan berjalannya sistem organisasi. Termasuk sebagai regenerasi untuk membawa ide dan inovasi baru dalam menghadapi perkembangan baru terlebih di wilayah perbatasan,” ujarnya.

Brigjen Hermanto juga berharap komandan yang baru dapat memberikan gairah baru dalam organisasi untuk terus maju melaksanakan tugas pokok di batalyon marinir, serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Bawalah satuan ini ke arah yang lebih baik dan berprestasi. Hadapi perubahan yang ada di masa depan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Brigjen Herman mengatakan sebagai satuan marinir di bawah kendali Lantamal, Yonmarhanlan XII mempunyai tugas pokok menjaga pertahanan pangkalan laut.

Untuk itu, ia berharap para prajurit marinir yang bertugas di Yonmarhanlan XII senantiasa loyal kepada Lantamal dan memberikan yang terbaik.

“Jaga kepercayaan dan jaga kehormatan yang diberikan, jalani dengan penuh rasa tanggung jawab dengan bekal yang telah diperoleh sebelumnya,” tegasnya.

Bupati Erlina mengapresiasi keberadaan Yonmarhanlan XII di Kabupaten Mempawah, yang secara struktur organisasi memiliki tugas dan fungsi penting, serta berperan dalam menjaga keamanan laut di wilayah itu.

“Dengan keberadaan Yonmarhanlan tentunya dapat menjaga kondusifitas Terminal Kijing di Kecamatan Sungai Kunyit yang baru saja diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Apalagi, imbuh Erlina, Kabupaten Mempawah secara geografis berbatasan langsung dengan Laut Natuna yang merupakan jalur lalu lintas kapal yang sibuk, baik kapal lokal maupun internasional, sehingga keberadaan Yonmarhanlan sangat membantu.

“Kami juga berterima kasih, karena selama ini hubungan antara Pemkab Mempawah dan Yonmarhanlan XII sudah sangat baik dan kedepannya tentunya dapat ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi,” ucapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS