Pendamping PKH Aktor Penting untuk Sukseskan Program di Kalbar

Pembukaan rekonsiliasi dan outbound tenaga Sumber Daya Manusia PKH Kabupaten Sintang, bersama dengan Family Gathering Dinas Sosial dan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kabupaten Landak di Sintang, Jumat (22/7/2022).

Sintang (Suara Kalbar) – Bupati Sintang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ulidal Muchtar mengatakan, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan aktor penting dalam menyukseskan PKH. Beberapa kegiatan pokok tersebut adalah kunci utama dalam pelaksanaan PKH menuju suksesnya pendamping.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pendamping PKH merupakan ujung tombak pelaksanaan program dengan mengemban kode etik “SIP” yaitu santun, integritas, dan professional,”ungkapnya saat pembukaan rekonsiliasi dan outbound tenaga Sumber Daya Manusia PKH Kabupaten Sintang, bersama dengan Family Gathering Dinas Sosial dan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kabupaten Landak di Sintang, Jumat (22/7/2022).

Ulidal Muchtar menyampaikan selamat datang kepada tenaga SDM PKH Kabupaten Landak di Kabupaten Sintang. Acara ini tentu adalah salah satu cara untuk membangun koordinasi yang harmonis antar instansi serta memadukan langkah gerak dan sinergi program dengan semua instansi terkait pelaksanaan Program Keluarga Harapan.

“Keberadaan pendamping menjadi sangat penting sebagai social worker untuk merubah mental dan perilaku penerima manfaat dari yang semula merasa miskin atau tidak mampu dan mempunyai ketergantungan pada bantuan pemerintah menjadi merasa mampu dan bisa mandiri dan sejahtera,” tambah Ulidal Muchtar.

Pendamping harus mampu menjalankan peran dan fungsi sebagai fasilitator, mediator dan motivator bagi penerima manfaat dalam memulihkan fungsi sosial mereka, dari yang semula kurang berdaya menjadi lebih berdaya.

“Pendampingan dan pelayanan sangat diperlukan bagi keluarga penerima manfaat PKH guna percepatan pencapaian tujuan program pengentasan kemiskinan,” tutup Ulidal Muchtar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS