Strategi Pemasaran Secara Online

  • Bagikan

Oleh: Nabila

KEMAJUAN teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Teknologi juga memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Manusia juga sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi teknologi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.

Internet merupakan kebutuhan utama bagi kehidupan manusia di era pro-digital saat ini. Internet maupun aktivitas online hampir tidak dapat dipisahkan dalam literatur kehidupan manusia, oleh karena itu strategi pemasaran online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis. Internet hampir menjadi peran utama yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat demi memudahkan aktivitas dan berkomunikasi tentunya.

Era digital ditandai dengan teknologi yang meningkatkan kecepatan dan perluasan pengetahuan dalam perekonomian dan masyarakat. Implikasi sosial dan ekonomi dari era digital ini sangatlah besar dan akan semakin meningkat seiring dengan fungsi teknologi yang menjadi lebih berbasis pengetahuan. Karena itulah, memahami era digital akan membantu membangun hubungan sosial-ekonomi yang berkelanjutan  baik dengan teknologi maupun dengan pengetahuan yang dibantu oleh teknologi satu diantara nya adalah seperti penjualan produk oleh kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat dalam meningkatkan subyek perekonomian mereka secara online.

Pemasaran online adalah sebuah usaha perencanaan strategi penjualan. Usaha tersebut mengarah pada strategi pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menghasilkan laba penjualan. Oleh karena itu, prinsipnya hampir sama seperti strategi penjualan pada umumnya. Namun, pada pemasaran online kepuasan pelanggan lebih diperhitungkan lagi karena konsumen hanya mengetahui produk lewat gambar (Marwan, 1991:15).

Menurut (Meyliana, 2011) dalam jurnalnya yang berjudul “Analisa Strategi E-marketing dan Implementasinya pada Rental Company” mengatakan e-marketing merupakan bagian dari e-commerce yang merupakan sistem perdagangan melalui internet, dimana internet akan terus memberikan sifat yang up to date, maka perusahaan dapat memberikan layanan informasi produk yang ditawarkan secara jelas dan mudah.

Dalam menjalankan kegiatan usaha secara elektronik atau secara online yakni salah satu contoh nya adalah menjual produk produk usaha kita secara online pada jejaring online. Jika sebelumnya lebih sering berbelanja langsung ke toko, sekarang ada online shop yang siap sedia setiap saat sebagai tempat untuk berbelanja secara online. Dengan begitu aktivitas online juga bisa dijadikan strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. Untuk memaksimalkan pemasaran secara online, berikut ini beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam bisnis online.

Strategi pemasaran secara online dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

  1. Content Marketing

Content Marketing adalah teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga untuk menarik, memperoleh dan melibatkan target audience yang jelas dan dipahami dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan(Pulizzi, 2009).

Content Marketing ini bentuk pemasaranya  berfokus pada pembuatan, penerbitan dan

pendistribusian konten untuk audiens yang ditargetkan secara online. Konten tersebut seperti contoh nya bisa berupa artikel atau teks, video, gambar secara visual atau pun audio. Informasi yang disediakan harus memiliki keterikatan atau relevan dengan usaha bisnis yang dimiliki oleh pelaku usaha. Sebagai contoh toko online yang menjual peralatan kecantikan kemudian memberikan informasi tentang tips agar tampil cantik dengan tujuan agar mampu menarik minat lebih banyak pelanggan.

  1. Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah sebuah usaha perencanaan strategi penjualan. Usaha tersebut mengarah pada strategi pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menghasilkan laba penjualan (Marwan, 1991:15).

Mobile Marketing ini strategi pemasaran digital multi-saluran yang ditujukan untuk menjangkau target konsumen di smartphone, tablet dan perangkat seluler lainnya, melalui situs web, email, SMS, media sosial, dan aplikasi. Ketika berbicara mengenai pemasaran seluler, ini berarti anda perlu menggunakan perangkat dan memanfaatkan pemasaran melalui media sosial serta aplikasi seluler lainnya.

Mobile Marketing bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran yang menyasar pada konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone dan lain-lain. Oleh sebab itu, para pelaku usaha mau tidak mau harus mendesain ulang tampilan website mereka sehingga ramah atau user friendly ketika website tersebut diakses melalui perangkat mobile.

  1. Continuous Marketing

Continuous Marketing merupakan strategi untuk mengiklankan produk atau  brand secara terus menerus. Untuk menjalankan strategi pemasaran online ini, Facebook dan Instagram adalah pilihan yang tepat. Biasanya media sosial sudah memiliki algoritma untuk target audiens mulai dari jenis kelamin, rentang usia, minat dan wilayah jangkauan (www.accurate.id).

  1. Integrated Digital Marketing

Integrated Digital Marketing merupakan suatu proses bisnis yang menggunakan perencanaan, eksekusi, koordinasi dan pengukuran dari semua kegiatan komunikasi yang ditujukan kepada konsumen, karyawan ataupun pada pihak-pihak lainnya. Salah satu diantara nya adalah penggunaan website, pemanfaatan fasilistas marketplace seperti Shoopee, Tokopedia, dan lain-lain. Dalam melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen adalah hal yang sangat bisa menjamin produk penjualan yang dilakukan bisa dicapai langsung oleh pembeli (www.mahakainstitute.com).

*Penulis Adalah PS-MM FEB Untan Pontianak

Penulis: RilisEditor: Redaksi
  • Bagikan