Opini  

Inilah Profil Faisol, Penyuluh Agama Islam Kemenag Melawi yang Buat Inovasi Platform Bimbingan Pernikahan Berbasis LMS

Faisol Abdurrahman

FAISOL Abdurrahman, seorang Penyuluh Agama Islam dan Sekretaris Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Melawi membuat sebuah website berbasis Learning Management System, sebuah inovasi untuk mempermudah pelaksanaan bimbingan pernikahan.

Memperhatikan pelaksanaan bimbingan pernikahan yang selama ini dilaksanakan secara konvensional dengan metode ceramah yang sering tidak relevan dari sisi aksesbilitas dan efektivitas, Faisol yang memang punya pengalaman sebagai developer website membuat iBerkah dalam rangka mewujudkan pelaksanaan bimbingan pernikahan yang menjawab kebutuhan aksesbilitas dan efektivitas.

Pemilihan nama iBerkah bertujuan agar setiap peserta yang mengikuti bimbingan pernikahan melalui platform ini bisa mewujudkan kehidupan rumah tangga yang berkah.

“Jadi dengan nama iBerkah, semoga setiap yang ikut bimbingan melalui platform ini, baik calon pengantin atau mereka yang sudah menikah, keluarganya menjadi berkah atau sakinah, mawadah wa rahmah”, ujar Faisol, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, iBerkah juga merupakan akronim dari Integrasi Bimbingan E-Learning Pernikahan. Maka, iBerkah menghadirkan sebuah inovasi dari pelaksanaan bimbingan dengan cara konvensional menuju pemanfaatan media teknologi yang lebih terintegrasi.

iBekrah bisa diakses di https://iBerkah.id. Platform ini menyediakan dua kelas bimbingan. Pertama, Kelas Bimbingan Pranikah bagi Calon Pengantin. Kelas ini dikhususkan bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di wilayah kerja KUA Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi. Kedua, Kelas Bimbingan Keluarga SAMARA (Sakinah, Mawadah wa Rahmah). Ini merupakan kelas unggulan yang diminati banyak peserta.

“Kelas Bimbingan Keluarga SAMARA memang dibuka secara umum, siapa saja dan dari mana saja bisa ikut kelas bimbingan ini, dan saat ini jumlah peserta untuk kelas bimbingan ini sudah mencapai 500-an peserta”, terang alumni Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pontianak ini.

Tampilan yang Responsif dan Materi yang Komprehensif

Tampilan antar muka lama iBerkah sangat responsif dan user friendly. Sangat ramah untuk diakses dari berbagai device, baik mobile, tablet maupun desktop (PC/laptop).

Dengan menerapkan Learning Management System pada kelas bimbingan yang disediakan, iBerkah semakin menarik. Karena setiap modul/materi bimbingan mudah dinavigasi.

Selain itu, semua materi berbentuk video, sehingga sangat relate menjawab trend masa kini yang lebih asyik menonton konten berbentuk video daripada membaca modul berupa teks.

Dari siai isi substansi materi bimbingan juga sudah representatif, karena dan disarikan dari buku Fondasi Keluarga Sakinah yang selama ini memang menjadi rujukan utama bagi fasilitator Bimbingan Pernikahan di semua tingkatan.

Dengan inovasi iBerkah yang diusung ini yang telah nyata memberikan kemudahan, Faisol Abdurrahman memenangkan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024 untuk Kategori Metode Penyuluhan Baru.

Saat ini, iBerkah terus diupgrade agar semakin menarik, dan sedang diajukan untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi, yakni Pemilihan Penyuluh Agama Islam Award Tingkat Nasional Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Jakarta sekira bulan Juli 2024.

H.Subakir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Faisol sebagai wujud dari semangat transformasi layanan umat secara digital yang diusung Kemenag.

“Saya sangat mengapresiasi inovasi yang dicanangkan Bapak Faisol, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi. iBerkah membawa perubahan positif dalam rangka mentransformasi layanan umat secara digital yang dicanangkan Kementerian Agama “, terang Subakir.

Manfaat iBerkah: Aksesibiliti dan Efektif

iBerkah telah benar-benar dirasakan manfaatnya, baik secara aksesibilitas maupun efektivitasnya. Edwin Setya Nugraha, salah seorang peserta bimbingan IBekrah yang berprofesi sebagai supir taksi antar kota di Kalimantan Barat memberikan testimoni positifnya berkaitan dengan kemudahan akses IBekrah. Ia yang sebagi supir tetap bisa mengikuti atau menonton materi-materi bimbingan IBekrah saat dalam perjalanan, tanpa harus datang ke KUA atau tempat pelaksanaan bimbingan pernikahan.

“Dengan IBekrah, saya bisa mengikuti bimbingan pernikahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan saya. Sangat fleksibel dan mudah diakses”, ucap Edwin.

Sementara itu, Khairil Ikhwan, seorang calon pengantin dan anggota DPRD Kabupaten Melawi juga memberikan atensi yang baik untuk IBekrah. Menurutnya, dengan fitur yang lengkap dan panduan yang jelas membuatnya lebih siap dan yakin menghadapi kehidupan rumah tangga”, tukas Khairil.

Mengenal lebih dekat, inilah profil lengkap Faisol

Data Diri

Nama: Faisol

Tempat, tanggal lahir: Kubu Raya, 02 Februari 1987

Nama Bapak: Abdurrahman

Nama Ibu: Misnawati (Alm)

Istri: Urfatur Rahmah

Anak: Nailal Husna (7 tahun), Husna Amalia (6 tahun)

Kontak dan Media Sosial

HP/WA: 082350383537

Email: rahmahfaisol@gmail.com

faisol@iparimelawi.or.id

Facebook: Faisol Abdurrahman (www.facebook.com/rahmatsemesta)

Instagram: @faisol_abdurrahman

Tiktok: @penyuluhagama.id

Youtube: Galeri Kang Fa’is

Pendidikan

  1. 1996 – 2001: MIS Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah
  2. 2001 – 2004: MTsS Raudlatul Ulum         Al-Khaliliyah
  3. 2004 – 2007:  MAS Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah
  4. 2008 – 2015   : IAIN Pontianak Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Pendidikan Non Formal

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah (2001-2008)

Riwayat Organisasi

  1. Ketua Bidang Pendidikan PPRU Al-Khaliliyah: 2006-2007
  2. Sekretaris Umum Himpunan Santri dan Alumni Al-Khaliliyah: 2008-2011
  3. Bidang Informasi dan Kebijakan Publik Himpunan Mahasiswa Kubu Raya: 2009-2010
  4. Ketua Remaja Masjid Miftahul Jannah: 2010-2011
  5. Sekretaris Umum Gerakan Pemuda Peduli Desa (2016-2019)
  6. Ketua Yayasan Sahabat Kartika Sanga Kubu Raya (2019-Sekarang)
  7. Ketua Ranting GP Ansor Pasak Piang: 2017-2019
  8. Ketua MDS Rijalul Ansor PAC Ansor Sungai Ambawang (2018-2020)
  9. Ketua LDNU Kabupaten Melawi (Periode 2023-2028)
  10. Sekretaris LAZISNU Kabupaten Melawi (Periode 2023-2028)
  11. Wakil Katib PCNU Melawi (Periode 2023-2028)
  12. Sekretaris IPARI Melawi (Periode 2023-2027)

Riwayat Pengalaman Kerja

  1. 2015 : Penyiar Pro 4 RRI Pontianak
  2. 2016-2019: Pendamping Sosial PKH di Kementerian Sosial
  3. 2018-Sekarang: Jurnalis, Penulis dan Editor Pecihitam.org

2020-sekarang: Penyuluh Agama            Kemenag RI

Keahlian & Keterampilan

  1. Jurnalistik
  2. Desain Grafis
  3. Video Grafi
  4. Website Developement

Buku dan Artikel

  1. Risalah Ramadhan sebagai penulis dan editor, Penerbit IAIN Pontianak Press, 2015 (Buku)
  2. Toga untuk Negeri Bath 2 (antologi kisah inspiratif), Penerbit Rumedia, 2020. (Buku)
  3. Mahasiswa, Kembalilah ke Jalan Kita Sesungguhnya (Artikel di Pontianak Post, dimuat 2009)
  4. Empat Musuh bagi Manusia (Artikel di Pontianak Post, dimuat tahun 2010
  5. Mengenal dan Menerapkan Pola Asuh Moderat pada Anak Generasi Z (Artikel di laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, dimuat 2019)
  6. Dakwah dan Amar Makruf Nahi Munkar ala Rasulullah di Media Sosial (Artikel di Pontianak Post, dimuat 2021)
  7. Surat Yunus Ayat 39, Tamparan

Keras bagi Penceramah yang

Mudah Berkata ‘Tidak Ada

Hadisnya’ (Artikel di Harakatuna.com, dimuat 2022)

  1. Dan ratusan artikel serta berita lainnya di Pecihitam.org yang bisa diakses melalui link Pecihitam.org/author/Faisol/

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS