Jill Biden Dijadwalkan Hadiri Peringatan Runtuhnya Kondominium di Florida

  • Bagikan
Bangunan kondominium Champlain Towers South di Surfside, Florida, AS yang sebagian runtuh, dihancurkan oleh pihak berwenang, 4 Juli 2021. (Foto:VOA)

Suara Kalbar – Ibu Negara AS Jill Biden diperkirakan akan berbicara di Surfside, Florida, Jumat (24/6) untuk menandai peringatan satu tahun runtuhnya bangunan kondominium 12 lantai di tepi pantai itu. Peristiwa yang terjadi pada malam hari itu menewaskan 98 orang.

Berbagai kegiatan dilakukan hari Jumat (24/6) untuk menghormati para korban dan penyintas, serta tim-tim penyelamat yang mencari para korban.

Seorang perempuan dan dua remaja adalah orang-orang yang selamat dari bangunan yang runtuh tersebut, menurut laporan kantor berita AP. Para penyintas lainnya adalah mereka yang berhasil menyelamatkan diri dari bagian gedung yang awalnya masih tetap berdiri.Selama lebih dari satu bulan, tim penyelamat masih menelusuri puing-puing kondominium itu untuk menemukan sisa-sisa jenazah korban.

Peringatan pada hari Jumat (24/6) ini berlangsung sehari setelah seorang hakim menyetujui paket kompensasi $1,2 miliar untuk para korban. Kompensasi itu akan diberikan kepada keluarga para korban tewas serta warga yang cedera atau kehilangan rumah mereka.

Penyelidik federal terus mewawancarai orang-orang yang mengetahui insiden tersebut dan menguji bukti untuk menetapkan penyebab keruntuhan itu. Gedung kondominium itu dibangun pada tahun 1981 dan telah diawasi bertahun-tahun karena kondisinya yang memburuk.

Penulis: VOAEditor: Ela priska
  • Bagikan