Harga Cabai Rawit Masih Tinggi Warga Pontianak Diajak Tanam di Pekarangan Rumah

Salah seorang warga tengah menyiram tanaman cabai yang di tanam di pekarangan rumah. SUARAKALBAR.CO.ID/SEPTA

Pontianak (Suara Kalbar) – Melonjaknya harga cabai yang kerap menjadi biang inflasi. Kepala D-P-3 Kota Pontianak Bintoro mengajak masyarakat, untuk menanam cabai di pekarangannya masing-masing. hal ini dilakukan,agar masyarakat tidak perlu lagi membeli cabai,untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Bintoro menyebut hingga saat ini, komoditas cabai baik cabai rawitmerah cabai besar maupun cabai kriting masih saja menjadi penyumbang inflasi setiap bulannya.

“Berdasarkan pantauan di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Pontianak, harga cabai rawit mulai melonjak naik dengan kisaran harga antara 80 ribu hingga 100 ribu rupiah per kilogram nya,” tutur Bintoro.

Menanggapi persoalan tersebut,Kepala DP3 Kota Pontianak,Bintoro mengajak masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam cabai, sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, masing-masing.

“Masyarakat kita tidak bisa dipisahkkan dari namanya makanan pedas, sehingga jika kondisi cabai sedang tinggi kami mengharapkan masyarakat dapat menanam di pekarangan rumah, meski sempit bisa menggunakan polybag,” tuturnya.

Dirinya optimis, apabila hal tersebut dilakukan, maka stok cabai di pasaran persediaannya mencukupi sehingga harga cabai bisa stabil dan terkendali. terlebih komoditas cabai tidak bisa bertahan lama, dengan maksimum penyimpanan empat hari.

“Cabai itu kan tidak bisa di simpan lama,paling hanya empat hari sudah membusuk sehingga jika menanam sendiri tentu dapat memetik di pohon pada saat akan di pakai saja,” ucapnya.

Bintoro menambahkan,sebelumnya Dinas Pangan Pertanian Perikanan atau dP3 Kota Pontianak juga telah menggalakkan sejumlah program,untuk mendukung kegiatan bercocok tanam masyarakat,diantaranya program pekarangan pangan lestari.

“ Program itu tak hanya sebagai sumber ketahanan pangan, hasil panen dari program bercocok tanam tersebut bahkan dapat menjadi penghasilan tambahan keluarga,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS