Fakta Sebenarnya Pria Gresik Menikahi Kambing Betina

Arif Saifullah didampingi MUI Kecamatan Benjeng dan Anggota DPRD Gresik saat memberikan klarifikasi terkait viral pria menikahi kambing betina. (Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Hebih pria menikahi kambing betina di Gresik viral dan bikin heboh. Belakang diketahui, pernikahan tak lazim itu hanya skenario untuk kepentingan konten.

Pembuat video Arif Saifullah meluruskan kabar manusia menikahi hewan tersebut. Prenikahan itu hanya skenario dan tidak menyangka mendapat respons negatif dari masyarakat.

“Saya selaku pembuat video meminta maaf jika video yang bersangkutan telah meresahkan. Video ini hanyalah kepentingan konten tiktok,” kata Arif, dihadapan awak media, Senin (6/6/2022).

Hal senada juga disampaikan Nur Hudi selaku pemilik pesanggarahan, tempat pernikahan pria dan kambing digelar. Dia menegaskan, jika dirinya tidak ada maksud untuk menyinggung atau menistakan agama apapun. Video itu dibuat hanya untuk hiburan semata. Arif adalah seorang konten kreator. Pemilihan tema dalam lakon tersebut juga dimaksudkan untuk mengangkat performa konten tiktoknya,” jelas Nur Hudi yang juga anggota DPRD Gresik itu. Namun, sejak awal, politisi NasDem itu menyampaikan agar teaterikal tersebut tidak menyinggung SARA. Termasuk menggunakan simbol atau bahasa keagamaan apapun.

“Dalam prosesinya mungkin terlalu bersemangat. Sehingga keceplosan dan sudah terlanjur tersebar di media sosial. Memang itu kesalahan kita,” paparnya.Permohonan maaf tersebut turut disaksikan pihak perangkat Kecamatan Benjeng. Termasuk, ketua MUI Kecamatan Benjeng KH Abdul Munif. Pihaknya berharap peristiwa tersebut menjadi pelajaran berharga.

Agar lebih berhati-hati, dengan lebih mengedepankan etika dan toleransi saat membuat karya,” tuturnya. Sementara itu, Ketua MUI Kecamatan Benjeng Gresik Abdul Munif mengatakan, pernikahan tak wajar itu berpotensi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Terlebih, pernikahan dilakukan dengan cara Islam.Pernikahan tersebut malah dianggap melecehkan Islam karena membawa unsur agama.

“Kalau dilakukan dalam hal agama itu penyimpangan. Saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video seorang pria di Kabupaten Gresik menikahi kambing betina, viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat sepasang pengantin duduk bersama lengkap dengan penghulunya.

Dari informasi yang dihimpun, pernikahan itu terjadi karena ada wangsit. Sang pengantin laki-laki itu bernama Saiful Arif (44) Warga Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik lah yang mengaku dapat bisikan. Adapun kambing betina yang dinikahi diberi nama Sri Rahayu binti Bejo.Video berdurasi 2 menit itu, memperlihatkan pemgantin laki-laki menggenakan jas hitam tengah menjabat tangan seorang penghulu. Sedangkan pengantin lawan jenisnya yang merupakan kambing betina berdiri di sampingnya. Ijab qobul pun berlangsung secara hidmat. Saya terima nikahnya Sri Rahayu binti Bejo dengan maskawin sebesar dua puluh dua ribu,” ungkap pengantin pria saat mengucapkan ijab qobul.

Penulis: Suara.comEditor: Ela priska