DPB Mei 2022, Jumlah Pemilih di Sungai Pinyuh Masih yang Tertinggi

Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Bulan Mei Tahun 2022 yang dirilis KPU Kabupaten Mempawah. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah kembali merilis Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Bulan Mei Tahun 2022.

Ketua KPU Kabupaten Mempawah, Agoes Soesanto, menjelaskan, pada Rapat Pleno Internal Rekapitulasi DPB Bulan Mei 2022, total jumlah pemilih sebanyak 189.912.

Dengan rincian, 95.943 pemilih laki-laki dan 93.969 pemilih perempuan yang tersebar di sembilan kecamatan.

“Ada penambahan dari Jumlah Potensi Pemilih Baru sebanyak 141 orang dengan sumber data dari sebagian data SMK Negeri 1 Mempawah Hilir yang sudah 17 tahun ke atas,” ungkap Agoes Soesanto, Selasa (7/6/2022).

Sementara itu, dari pemuktahiran DPB itu, KPU Kabupaten Mempawah juga menemukan 58 orang pemilih berdata ganda, sehingga dianggap sebagai pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Berikut Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDB) per Kecamatan di Kabupaten Mempawah periode Mei 2022;

Sumber KPU Kabupaten Mempawah.

Agoes Soesanto selanjutnya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022.

Sekaligus, bersama-sama menginformasikan kepada masyarakat Kabupaten Mempawah agar berpartisipasi memberikan informasi, masukan dan tanggapan kepada KPU Kabupaten Mempawah terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Seperti Pemilih yang telah berusia 17 tahun dan belum terdata pada DPTHP-3 Pemilu Tahun 2019, atau belum 17 Tahun tetapi sudah/pernah menikah dan belum terdata pada DPTHP-3 Pemilu Tahun 2019, alih status karena sudah menjadi TNI atau Polri, meninggal dunia, pindah domisili/tempat tinggal, dan telah menjadi purnawirawan TNI atau Polri,” bebernya.

Untuk itu, KPU Kabupaten Mempawah membuka Posko Layanan Masukan dan Tanggapan Masyarakat di Kantor KPU Kabupaten Mempawah terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di jam-jam kerja.

“Syaratnya, membawa identitas diri seperti KTP Elektronik/SUKET dari Disdukcapil dan Kartu Keluarga. Atau secara online memberikan masukan dan tanggapan masyarakat di link Web KPU Kabupaten Mempawah http://kpu-mempawahkab.go.id/?pages=documents,” imbuh Agoes.

Selain itu, dalam rangka Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, masyarakat dapat mendownload Aplikasi Mobile KPU RI, Lindungi Hakmu dari PlayStore, di aplikasi Lindungi Hakmu.

“Dengan demikian, masyarakat dapat dengan mudah untuk Cek Apakah Sudah Terdaftar sebagai Pemilih, dan juga tersedia Menu lainnya yakni Rekapitulasi Data, Daftar Jadi Pemilih, dan Lapor TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS