Pawai Obor Meriahkan Malam Takbiran di Sanggau

SEBAGAI ILUSTRASI, Pawai Obor di Kabupaten Sanggau.[SUARAKALBAR.CO.ID/Darmansyah D]

Sanggau (Suara Kalbar) –Seribuan masyarakat melakukan pawai takbiran dengan membawa obor untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H, yang dilepas oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara H. Gusti Arman di halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Minggu (1/5/2022) malam.

Kegiatan yang diprakarsai Keraton Surya Negara dan kolaborasi umat Islam Kabuaten Sanggau dengan tajuk Semarak Obor Kemenangan Idul Fitri 1443 H/ 2022 M itu digelar dengan penerapan protokol kesehatan.

Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Keraton Sanggau Gusti Arman mengatakan pelaksanaan kegiatan malam takbiran malam ini untuk menyambut hari kemenangan, hari yang Fitri setelah berpuasa selama sebulan.

“Pada malam ini kita kembali melakukan budaya yang sudah dilakukan turun temurun yaitu pawai Keriang Takbir Obor yang telah lama kita tidak laksanakan,” ujar Gusti Arman, Minggu (1/5/2022) malam.

Keriang Takbir Obor, dijelaskannya, adalah salah satu tradisi masyarakat Melayu dan umat Muslim Sanggau dengan melafadzkan asma Allah untuk tujuan memperoleh keselamatan, keberkahan dan hidayah dari Allah SWT.

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan menyampaikan, pawai obor menyambut hari kemenangan itu untuk mempererat persatuan umat Islam.

“Setelah satu bulan berpuasa, kita menyambut hari kemenangan dengan persatuan. Pawai obor ini untuk menguatkan ukhuwah islamiyah dan membersihkan diri,” kata Ketua MABM Sanggau ini.

Sementara itu Ketua panitia Agus mengucakan terimakasih atas dukungan oleh semua pihak dalam penyelengaraan kegiatan pawai obor malam takbiran.

“Kami dari panitia merasa terharu, karena yang hadir tidak hanya dari dalam kota saja tapi dari beberapa desa disekitar Kecamatan Kapuas dan juga hadir dari Kecamatan Mukok”katanya, Minggu (1/5/2022).

Agus menyampaikan untuk kedepannya bisa berlanjut dan akan berkoordinasi dengan PHBI untuk mengelar kegiatan-kegiatan serupa dalam rangka memeriahkan hari besar islam.

“Karena bagaimanapun juga PHBI adalah merupakan induk dari organisasi yang melaksanakan kegiatan perayaan hari besar islam,” tutup Agus.

 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS