Kilang Minyak Balikpapan Kebakaran, Pertamina: Tak Ganggu Operasi

  • Bagikan
Kebakaran di area kilang PT Pertamina (Persero) pada area RU V Pertamina Balikpapan. (Foto:Suara.com)

Suara Kalbar – Kilang minyak Pertamina di Balikpapan mengalami kebakaran. Peristiwa tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 10.32 WITA di sekitar area kilang Balikpapan.

Area Manager Communication, Relation dan CSR Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional, Ely Chandra mengatakan, saat ini kebakaran tersebut telah berhasil padam sekitar pukul 11.00 WITA.

“Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan empat unit truk pemadam terus menyiramkan air untuk pendinginan,” ujar Ely dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).

Menurut Ely, penyebab timbulnya api saat ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi. Ia meminta, agar masyarakat tidak panik dengan kebakaran tersebut.Karena kejadian tersebut masih di dalam perimeter kilang dan saat ini api telah berhasil dikendalikan,” imbuh dia.Saat ini tim terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam. Ely menambahkan bahwa kilang juga tidak mengalami kendala serta tetap dapat beroperasi.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran yang terjadi di Kilang Minyak Pertamina Balikpapan sempat viral di media sosial setempat.Salah satu akun informasi @balikpapanku mengunggah video berdurasi beberapa detik yang memperlihatkan besarnya api akibat dari ledakan kilang minyak itu. Video itu direkam oleh seorang pria yang diduga adalah warga Kota Balikpapan.

“Kebakaran kilang minyak,” katanya seperti dikutip Suarakaltim.id pada Jumat (4/3/2022).Perekam fenomena tersebut berada cukup jauh dari lokasi kebakaran. Pria itu memperbesar kameranya, untuk melihat secara jelas kebakaran yang terjadi di kilang minyak milik Pertamina itu.Ketika memperbesar gambar, ia terkejut. Betapa api yang membakar kilang minyak itu membumbung tinggi. Bahkan ia mengaku mengerikan melihat hal itu.

“Hih ngerinya,” terangnya.

Admin dari akun informasi itu juga memberikan keterangan di video yang ia unggah. Ia mengatakan kebakaran itu diduga terjadi di kompleks Pertamina Balikpapan.

“Diduga terjadi kebakaran. Di dalam area kilang minyak. Wah semoga aman aja ya cess,” katanya dalam keterangan video yang dibuat.Tak hanya itu, ia juga memberikan keterangan senada di keterangan tulis yang ia berikan. ia juga memberikan informasi asal video yang ia dapatkan tersebut.

Penulis: Suara.comEditor: Ela priska
  • Bagikan