Muntah dan Pingsan, Tegar Dilarikan Mempawah Peduli ke RSUD dr Rubini

  • Bagikan
Kondisi Tegar yang tak sadarkan diri saat tiba di IGD RSUD dr Rubini Mempawah, Kamis (13/1/2022) malam. Ia didampingi Ketua Mempawah Peduli, Alex Candra, dan Kabid Sosial Dinas SPPPAPMPD Mempawah, Heru Agung YA. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. Distra

Mempawah (Suara Kalbar) – Penderita jantung bocor, Tegar, 17 tahun, warga Desa Sungai Dungun, Kecamatan Sungai Kunyit, tiba-tiba muntah dan pingsan, Kamis (13/1/2022) malam.

Di saat yang sama, Tim Mempawah Peduli tengah berada di Rumah Makan Kijing Jaya untuk membahas persiapan aksi penggalangan dana “Ngamen Amal” bagi Tegar.

Pertemuan pun kontan bubar. Tim Mempawah Peduli langsung merapat ke kediaman Tegar.

Sesampainya di sana, kondisi Tegar sudah terlihat drop dan tak sadarkan diri. Ia lantas dipapah oleh Ketua Mempawah Peduli, Alex Candra, menuju ke kendaraan.

Tanpa membuang waktu, ia dilarikan ke RSUD dr Rubini Mempawah guna mendapatkan upaya penanganan medis.

Sejumlah OKP tampak sudah stand by di rumah sakit. Turut hadir, Kabid Sosial Dinas SPPPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung YA, untuk memastikan kondisi Tegar.

Kepada SUARAKALBAR.CO.ID, Alex Candra mengatakan, dirinya baru saja tiba di Mempawah usai mendampingi pasien atas nama M. Nur Syahbandi untuk menentukan jadwal Chemotherapy yang kedua.

“Sesampainya di Mempawah, saya dan Tim Mempawah Peduli langsung menuju Sungai Kunyit untuk berkoordinasi dan bersilaturahmi dengan pemilik Rumah Makan Kijing Jaya, Haji Kaut,” jelas Alex.

Koordinasi ini dilakukan Tim Mempawah Peduli dalam rangka rencana aksi penggalangan dana “Ngamen Amal” di Kijing Jaya pada Minggu (16/1/2022) pukul 19.30 WIB.

“Namun baru saja hendak membahas kegiatan donasi live music amal tersebut, ibunda Tegar memberitahu kondisi anaknya yang mengkhawatirkan. Akhirnya, pertemuan kita tunda dulu untuk segera mendampi Tegar,” ungkap Alex.

Nah, saat hendak dibawa ke kendaraan itu lah, Tegar tiba-tiba jatuh pingsan, sehingga ia pun dilarikan ke RSUD dr Rubini.

Alex menegasksan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan RSUD dr Rubini Mempawah untuk bisa memulihkan kondisi Tegar.

“Sekaligus kami juga akan menyampaikan hal ini ke Pemkab Mempawah agar Tegar dapat segera diberangkatkan ke Jakarta mengingat kondisinya yang harus segera dirujuk,” papar Alex.

Karenanya, Alex Candra dan Tim Mempawah Peduli memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar minggu depan Tegar sudah dapat diberangkatkan untuk berobat di RS Harapan Kita Jakarta.

“Kita upayakan Tegar dapat segera diberangkatkan. Mohon doanya. Kami yakin jika kita bersatu dan saling membantu, maka semuanya akan bisa diselesaikan,” tutupnya.

 

Gelar Ngamen Amal

Seperti diberitakan, Mempawah Peduli saat ini sedang mendampingi dua pasien lagi untuk upaya pengobatan.

Pasien pertama adalah bernama Tegar, usia 17 tahun, warga Desa Sungai Dungun, Kecamatan Sungai Kunyit. Ia menderita jantung bocor, dengan rujukan Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta.

Pasien kedua, adalah Septiani Putri, balita empat tahun, asal Pematang Sukun, RT. 022/RW. 008, Kelurahan Tengah, Kecamatan Mempawah Hilir.

Septiani ini menderita infeksi paru dan usus yang harus segera mendapatkan tindakan medis.

Sebelumnya, pasien atas nama M. Nur Syahbandi juga diberikan pendampingan dan masih dalam proses perawatan.

Adapun organisasi atau OKP yang siap bergabung dalam kegiatan ini meliputi;

Keluarga Tak Sedarah (KTS) Mempawah, Orkes Melayu Medang Serai Mempawah, Perkumpulan Jurnalis Galaherang (Pejuang) Mempawah, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 2 Mempawah, serta Babang Kurir Mempawah.

Kemudian, Moonraker Mempawah, Ikatan Keluarga Bugis Kalimantan (IKBK), Komunitas Motor Box (KOMBO) Indonesia Sungai Pinyuh, Lentera Pengabdi Mempawah, serta BMC Mempawah.

Selanjutnya, MRWB Mempawah, Single Fighter Mempawah, AR Transport, JET DARAT Mempawah, Honda Beat Mempawah, Wadah Empati dan Cita Anak Negeri (WE CAN) Kalimantan Barat.

Serta, Alif Media Sungai Pinyuh, Forum Komunikasi Pemuda Penggerak Kabupaten Mempawah dan URC kawal Ambulance Mempawah.

Serta didukung oleh Wonderful Mempawah dan Polres Mempawah.

“Ngamen Amal” di Rumah Makan Kijing Jaya Sungai Kunyit ini diharapkan berlangsung lancar dan dihadiri banyak masyarakat.

Mempawah Peduli akan menampilkan Orkes Melayu Medang Serai pada Minggu, 16 Januari 2022 pukul 19.30 WIB.

Selain itu, Mempawah Peduli juga membuka Open Donasi bagi yang akan membantu pasien dalam pendampingan. Yakni, di rekening  BNI 1286911204 atas nama  RIAN DARPIANSYAH.

“Dan bagi yang akan dilakukan penjemputan donasi bisa melalui Babang Kurir Mempawah,” imbuh Udhe Han, Koordinator Aksi Mempawah Peduli.

  • Bagikan