Keluar Masuk Kampung Gelar Vaksinasi, Sungai Kunyit Kejar Herd Immunity

Kapolsek Sungai Kunyit, AKP Joni, saat memonitoring vaksinasi masyarakat. Satgas COVID-19 beserta seluruh jajaran TNI/POLRI dan nakes saat ini tengah bekerja keras mewujudkan herd immunity. SUARAKALBAR.CO.ID/Foto. IST

Mempawah (Suara Kalbar) – Satgas COVID-19 Kecamatan Sungai Kunyit melalui Puskesmas Rawat Jalan Semudun dan Puskesmas Rawat Jalan Sungai Kunyit, kembali melaksanakan vaksinasi masyarakat, Selasa (11/1/2022) pagi.

Di Desa Semudun, kegiatan berlangsung di halaman Masjid Jami Nurul Jannah, yang turut mendapat sambutan positif masyarakat, termasuk warga Tionghoa setempat.

Bertindak sebagai tim vaksinator adalah delapan tenaga kesehatan Puskesmas Rawat Jalan Semudun yang dipimpin dr. Dyah.

Sementara di Sungai Kunyit, vaksinasi digelar di Dusun Semayar, Dusun Sekip I dan Dusun Sekip II, Desa Sungai Kunyit Hulu.

Tim vaksinator yang dikerahkan merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Rawat Jalan Sungai Kunyit yang berjumlah 19 orang dan dipimpin dr. Aulia Rizkia.

Saat dihubungi SUARAKALBAR.CO.ID, Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Sungai Kunyit, AKP Joni, mengungkapkan apresiasinya kepada para nakes kedua puskesmas yang terus bekerja memberikan pelayanan vaksinasi.

“Dalam kegiatan vaksinasi di sejumlah titik ini, saya memimpin sejumlah personel Polsek Sungai Kunyit untuk melaksanakan pengamanan, sekaligus membantu memberikan edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Untuk mendorong cakupan vaksinasi, tambah AKP Joni, jajaran Satgas COVID-19 Sungai Kunyit bersama para tenaga kesehatan keluar-masuk kampung untuk melaksanakan metode “jemput bola”.

Selain itu, Satgas COVID-19 juga melibatkan aparatur desa, dusun hingga Ketua RT/RW, beserta para tokoh untuk membantu memberikan edukasi, terkait masih dipercayainya kabar-kabar hoaks terkait vaksinasi.

“Kami berupaya keras mengubah pola pikir masyarakat. Kami yakinkan, bahwa vaksinasi itu aman dan halal, apalagi telah disetujui Fatwa MUI dan sertifikasi uji klinis dari Balai POM RI,” jelasnya.

Kapolsek berharap, dari edukasi masif ini dapat menggugah kesadaran masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi demi keselamatan diri sendiri dari bahaya COVID-19.

“Dan tak kalah penting, kami juga menyampaikan vaksinasi ini harus dilaksanakan dua kali agar kekebalan tubuh tercipta efektif guna menangkal virus Corona,” tutupnya.